Awas, Rokok Bikin Mr P Menyusut!

Kompas.com - 31/08/2010, 08:26 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com Satu lagi alasan bagi pria untuk berhenti merokok. Rokok ternyata bisa memangkas ukuran penis.

Tentu ini kabar buruk bagi tiap pria. Temuan yang didasari hasil studi yang dilakukan para peneliti Boston University School of Medicine ini merupakan hal baru yang harus diwaspadai.

Penelitian yang melibatkan 200 pria perokok ini menyebutkan kalau ukuran penis bisa menyusut hingga satu sentimeter. Cara kerjanya mirip seperti pengaruh rokok pada penyusutan organ hati yang disebabkan terhambatnya aliran darah karena kerusakan pembuluh darah.

Peningkatan aliran darah membuat penis bisa meregang atau ereksi. Nah, kalau pembuluh darah rusak, otomatis kemampuan ereksi menurun.

“Kalau penis sulit ereksi, otomatis ukurannya pun menyusut. Ini terjadi karena rokok merusak kemampuan tubuh untuk melakukan efek elastin, sebuah efek meregang yang berpengaruh pada kemampuan ereksi penis,” ucap salah seorang peneliti, dr Pedram Salimpour seperti dikutip surat kabar Guardian.

Meski demikian, para peneliti belum bisa menentukan berapa jumlah rokok yang diperlukan untuk merusak efek elastin. Yang jelas, efek rokok lebih signifikan pada penyusutan penis ketimbang organ hati.

“Hal ini disebabkan pembuluh darah di penis lebih kecil daripada pembuluh darah di hati. Kalau pembuluh darah yang kecil tersebut tersumbat, akibatnya darah pun sulit lewat dan berdampak pada ereksi,” kata Salimpour. (mic)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.