10 Makanan Terbaik Buat Pria

Kompas.com - 01/09/2010, 15:57 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Laki-laki berbeda dengan perempuan dalam segala hal - termasuk kebutuhan gizi. Seperti halnya perempuan yang membutuhkan nutrisi tertentu selama kehamilan atau perlindungan dari kanker payudara, kaum Adam pun perlu nutrisi khusus yang dapat membantu  mempertahankan otot, mencegah kanker prostat, dan banyak lagi.

Banyak makanan yang cenderung menjadi favorit di kalangan pria, tapi justru berakibat buruk bagi kesehatan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mengenal 10 jenis makanan yang dapat melawan penyakit sekaligus meningkatkan kesehatan para lelaki :

1. Tiram Menurut Dave Grotto, RD, jurubicara American Dietetic Association, "Penelitian menunjukkan bahwa kandungan zinc (seng) dalam tiram  dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel yang mengarah ke kanker prostat." Selain itu, "Zinc juga berfungsi pada sistem reproduksi seksual laki-laki termasuk peningkatan jumlah sperma," kata Grotto.

Namun, menurut Grotto, Anda harus berhati-hati memakan tiram mentah karena dapat berisiko terkena infeksi Vibrio vulnificus. Selain itu, penderita penyakit hati, diabetes mellitus, rheumatoid arthritis, dan gagal ginjal kronis, serta alkoholik harus berhati-hati mengkonsumsi tiram karena kan meningkatkan risiko yang lebih besar pada penyakit mereka.

Untuk itu, direkomendasikan untuk mengonsumsi tiram dengan takaran 11 miligram per hari, apabila Anda juga mengkonsumsi kerang jenis lain, daging sapi tanpa lemak, babi kurus, atau kacang-kacangan.

2. Pisang Pisang memiliki sumber energi yang besar dan kaya kandungan kalium yang diperlukan untuk mengatur saraf, denyut jantung, terutama tekanan darah. Diet kaya kalium dan magnesium (yang juga ditemukan dalam pisang) dapat mengurangi risiko stroke.

Sebagai sumber vitamin B-6, pisang juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh, membentuk sel darah merah, memastikan sistem saraf berfungsi dengan baik, dan membantu metabolisme protein.

Jadi nikmatilah pisang setiap hari, saat sarapan atau sebelum berolahraga di gym. Bagi yang bukan penggemar pisang dapat mencoba jus jeruk, susu, tomat, dan kacang-kacangan yang juga baik untuk diet kaya kalium.

3. Ikan berlemak Omega-3 Tidak ada daftar makanan sehat yang lengkap tanpa lemak mengandung omega-3. Lemak tak jenuh adalah lemak yang dpenting bagi tubuh karena bermanfaat bagi jantung, sirkulasi darah, sistem kekebalan tubuh dan mengurangi resiko kanker prostat.

"Lemak Omega-3 adalah makanan anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan trigliserida dalam lemak, mengurangi rasa sakit dan nyeri pada atlet, dan membantu penyembuhan artritis," kata Joy Bauer, MS, RD, pakar nutrisi penulis buku Joy Bauer’s Food Cures.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.