Minum Obat Teratur Tantangan ODHA

Kompas.com - 02/09/2010, 02:47 WIB
EditorTI Produksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran obat antiretroviral menjadi harapan bagi orang dengan HIV/ AIDS atau ODHA untuk tetap hidup dan produktif. Namun, obat antiretroviral harus diminum seumur hidup dan teratur.

Hal itu mengemuka dalam diskusi bertajuk ”Puasa bagi ODHA di Bulan Ramadhan” yang diselenggarakan Komisi Penanggulangan AIDS DKI Jakarta, Selasa (31/8/2010) sore.

Ahli gizi senior dan pelatih Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk perawatan, dukungan, dan pengobatan AIDS, sekaligus dokter spesialis gizi klinik di RS Universitas Kristen Indonesia dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Paul F Matulessy, mengatakan, aturan minum obat antiretroviral (ARV) sangat ketat lantaran terkait langsung dengan tingkat perkembangan HIV di dalam darah. Konsentrasi obat di dalam darah harus dijaga guna memperkecil atau mencegah virus memperbanyak diri di dalam darah.

Beberapa jam setelah minum obat, aktivitas obat meningkat sehingga menekan pertumbuhan virus. Namun, setelah obat mencapai masa puncak, pada jam-jam berikutnya aktivitas virus mulai naik sehingga obat kembali diminum agar dapat menekan pertumbuhan virus pada darah.

Selain itu, perubahan jadwal meminum ARV akan membuat HIV resisten terhadap obat. Kebanyakan ODHA harus meminum obat setiap 12 jam. ”Aturan minum obat sangat ketat agar perkembangan virus bisa dikontrol dengan ARV,” ujar Paul.

Dia mengatakan, seorang ODHA dianjurkan meminum ARV jika angka CD-4 di bawah 350. CD-4 merupakan gambaran sistem kekebalan tubuh. Penyebab kematian ODHA bukan karena virusnya, melainkan infeksi oportunistik yang diderita ODHA lantaran lemahnya kekebalan tubuh.

Untuk menjaga kesehatan, ODHA yang telah dianjurkan minum obat harus meminumnya dengan teratur. Di samping itu, mereka juga perlu memerhatikan gizi, baik zat gizi makro maupun mikro. (INE)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.