Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Yoga Membantu Diet Anda?

Kompas.com - 03/09/2010, 21:09 WIB

KOMPAS.com - Yoga menjadi pilihan latihan kebugaran yang tak hanya membuat tubuh tetap sehat, namun juga membuat tubuh lebih langsing. Seperti yang dialami Nova Eliza. Berkat yoga dan pilates, perempuan pemilik pusat kebugaran Bodylicious Yoga & Pilates ini berhasil menyusutkan bobot hingga 20 kg. Mengapa Yoga begitu ampuh dan tepat menjadi bagian program diet Anda?

Jurnal yang dikeluarkan Asosiasi Dietetik Amerika (The American Dietetic Association) mengungkapkan orang yang melakukan yoga secara rutin memiliki massa tubuh yang lebih rendah. Dampak lainnya dari yoga adalah para yogis atau orang yang melakukan yoga memiliki pikiran yang lebih tenang, termasuk dalam menyantap makanan.

Salah satu jenis gerakan yoga, yakni Anusara, fokus pada keseimbangan dan konsentrasi. Jika Anda melakukan latihan ini secara rutin, masuk diakal jika kemudian Anda bisa lebih mengontrol pikiran yang mempengaruhi pola makan.

Dalam jurnal juga disebutkan, yogis lebih terbantukan dengan merasa lebih cepat puas saat makan meski tak banyak melahap makanan. Penyebab utamanya karena latihan yoga membantu seseorang untuk menyelaraskan pikiran dengan tubuhnya. Peneliti dari Asosiasi Dietetik Amerika mengatakan kemampuan menyelaraskan tubuh inilah yang menjadi kunci seseorang lebih mampu mengontrol dirinya, termasuk membantu tubuhnya merasakan kenyang lebih cepat saat makan. 

Setiap gerakan dalam yoga, melatih tubuh Anda untuk meningkatkan toleransi terhadap ketidaknyamanan. Sejumlah pose yoga, membutuhkan daya tahan dan kemampuan untuk tetap konsisten menjalankannya dengan baik dan benar. Misalnya bertahan dengan pose sulit selama enam menit. Latihan seperti ini melatih diri menjadi lebih tangguh.

Jika Anda sanggup menahan pose sulit dalam waktu yang lama, tak sulit juga untuk menahan diri makan cakes, brownies, atau makanan manis lain yang membuat lemak semakin menumpuk bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com