Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 RS Uji Coba Saintifikasi Jamu

Kompas.com - 06/09/2010, 11:18 WIB

Jakarta, Kompas - Sebanyak 12 rumah sakit menjadi tempat uji coba saintifikasi jamu dalam pelayanan kesehatan. Selain itu, akan dikembangkan pula pojok jamu di pusat-pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas.

Ke-12 rumah sakit itu ialah RSUP Persahabatan Jakarta, RS Kanker Dharmais Jakarta, RSUD Dr Soetomo Surabaya, RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, Rumah Sakit Orthopedi Prof Dr Soeharso Solo, RSUP Sanglah (Bali), RSUP Prof Dr RD Kandou Manado, RSUD Dr Pringadi Medan, RSUP Adam Malik Medan, RSUP Wahidin Sudirohusodo Makasar, RSU Dr Saiful Anwar Malang, dan RSAL Dr Mintohardjo Jakarta.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan Agus Purwandianto, Jumat (3/9), mengatakan, pengobatan bahan alami sebagai pendamping terapi medis dan obat- obatan kimia. Di klinik jamu tersebut yang berperan ialah dokter dari rumah sakit yang telah ditunjuk.

Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu, Jawa Tengah, Indah Yuning Prapti mengatakan, penelitian berbasis pelayanan kesehatan itu akan menguatkan penggunaan jamu. (INE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com