Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerakan Yoga Pengantar Tidur

Kompas.com - 13/09/2010, 09:42 WIB

KOMPAS.com Anda termasuk orang yang sulit sekali memejamkan mata pada malam hari? Pose simpel dengan yoga berikut ini akan membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks sehingga kita pun akan mendapatkan tidur yang lelap.

Jika mendambakan tidur yang lelap, maka gerakan yoga seperti mengangkat kaki ke atas dan menempelkannya ke dinding sudah mampu merilekskan pikiran dan tubuh kita. Tidak hanya itu, pose ini juga akan meringankan otot-otot yang letih, membantu mengembalikan sirkulasi, dan meningkatkan pernapasan kita menjadi lebih dalam dan mantap.

Jadi, kenakan pakaian yang nyaman; matikan semua gangguan, seperti Blackberry,  televisi, dan komputerl kemudian lakukan pose ini.

Cara : Duduk di matras dengan posisi salah satu pinggul menyentuh dinding. Tekuk lutut. Lalu dengan menggunakan bantuan tangan, putar dan angkat kedua kaki ke atas menempel dinding. Usahakan bokong kita berada di dinding sedekat dan senyaman yang kita bisa.

Berbaringlah dengan punggung dan letakkan kedua tangan ke lantai di atas kepala atau di sebelah tubuh. Posisikan telapak tangan menghadap ke atas. Buat tubuh rileks ketika kita menarik napas dalam-dalam selama 5-10 menit. Jika kedua kaki mulai tidak terasa nyaman, maka tekuk lutut dan turunkan kaki ke bawah, lalu biarkan lutut terbuka. Lakukan kebiasaan ini setiap malam sebelum tidur dan segeralah bermimpi indah. (PreventionIndonesiaonline/Astrid Anastasia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com