Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Latihan Stepping

Kompas.com - 14/09/2010, 13:52 WIB

KOMPAS.com - Anda jarang melirik peralatan stair stepper saat nge-gym? Sayang sekali. Alat yang digunakan dalam latihan kardio ini banyak sekali gunanya, lho.

Dari namanya, bisa ditebak bahwa latihan stepping fungsinya sama seperti saat Anda menaiki tangga. Stepper machine menggunakan dua pedal yang harus digenjot, seperti sepeda statis namun Anda harus berdiri saat melakukannya. Terdapat dua stationary handle di kiri-kanan yang bisa Anda pegang untuk menyeimbangkan tubuh.

Meskipun dilakukan dengan perlahan dan tanpa lonjakan (low impact), latihan stepping tergolong cukup intens. Bila melakukan latihan ini selama 30 menit, dijamin Anda akan basah kuyup oleh keringat. Efeknya, tubuh terasa begitu bugar dan ringan.

Menurut Kevin Rail, personal trainer yang juga penulis kolom kebugaran untuk Ron Jones High-Performance Health,  mesin ini menyediakan sejumlah manfaat untuk tubuh kita:

Aerobik
Dengan berlatih dengan stair stepper, Anda bisa meningkatkan kapasitas aerobik Anda. Pada awalnya Anda pasti akan merasa kehabisan nafas, belum lagi betis yang terasa pegal. Namun bila Anda melakukannya secara teratur, aktivitas fisik harian pun jadi lebih mudah dijalani. Begitu detak jantung Anda meningkat, Anda juga tidak akan merasa ngos-ngosan lagi.

Menurunkan berat badan
Saat menggunakan stepper machine, Anda bisa mengatur tekanannya. Makin besar tekanannya, tentu kalori terbakar lebih cepat. Jika Anda tergolong overweight dan menggunakan stepper secara rutin tiap hari, Anda bisa mengurangi berat badan dan menurunkan faktor risiko berbagai penyakit. Orang dengan berat 81 kg bisa membakar lebih dari 730 kalori saat melakukan stepping selama 60 menit.

Low impact
Ketika menggunakan stepper, kaki Anda tetap menjejak pada pedalnya. Hal ini membuktikan bahwa stepper merupakan latihan yang aman untuk orang dengan masalah pada sendi.

Mudah
Tidak susah menggunakan stepper. Anda tinggal meletakkan kedua kaki pada pedalnya, membuat pengaturan pada mesinnya (seperti waktu latihan, kalori yang ingin dibakar, tingkat resistensi, serta informasi tentang usia dan berat badan), lalu mulai menginjak pedal ke atas dan ke bawah. Untuk menambah atau mengurangi tingkat tekanan pada pedal, Anda tinggal menekan tombol yang ada.

Mengontrol mood
Stepper juga bisa membantu mengurangi kadar stres kita, lho. Menurut Mayo Clinic, aktivitas fisik menstimulasi berbagai senyawa kimia dalam otak yang akan memberikan perasaan lebih bahagia dan lebih rileks daripada sebelum Anda mulai berlatih. Untuk benar-benar mendapatkan manfaat ini, setidaknya Anda harus melakukan latihan stepping selama 30 menit.

Membentuk tubuh
Langsing tapi tubuh tidak berbentuk, tentu enggak asyik. Nah, selain mampu membakar kalori, stair stepper juga dapat membentuk otot-otot yang lebih ramping dan berbentuk. Hal ini disebabkan otot-otot pada bokong, otot di belakang lutut (yang menghubungkan otot paha ke tulang kering), otot besar pada bagian depan paha, otot betis, dan pinggul, semuanya bekerja. Otot-otot pusat Anda pun juga digunakan untuk membantu menstabilkan tubuh Anda.

Nah, bila Anda tidak bergabung dengan pusat kebugaran, cara termudah dan termurah untuk melakukan latihan stepping adalah dengan menaiki tangga untuk menuju kantor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com