Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Mengeringkan Tangan

Kompas.com - 17/09/2010, 08:34 WIB

Kompas.com - Pada masing-masing tangan kita berkumpul ratusan ribu bakteri. Untuk mengusirnya cukup mudah, cukup cuci tangan dengan air dan sabun. Namun jangan lupa dikeringkan karena bakteri menyukai kondisi lembab. Pertanyaannya, dikeringkan dengan tisu atau hand dryer?

Beberapa pendapat menyebutkan alat pengering tangan (hand dryer) bisa membuat bakteri lebih berkembang biak karena membuat tangan menjadi hangat, kondisi yang disukai bakteri. Namun, pendapat lain mengatakan tisu toilet juga tidak bersih karena sudah terkontaminasi oleh bakteri.

Pada tahun 2000, para ahli dari Mayo Clinic melakukan penelitian independen untuk mengetahui metode apa yang paling tepat untuk mengeringkan tangan. Mereka melibatkan 100 orang yang tangannya sudah dikontaminasi bakteri. Kemudian mereka diminta mencuci tangan dengan sabun dan air.

Setelah itu sebagian partisipan diminta mengeringkan tangan dengan hand dryer selama 30 detik dan sisanya menggunakan tisu toilet selama 15 detik. Ternyata, para ahli menyatakan skornya seri, kedua metode itu efektif untuk mengeringkan tangan sekaligus mengurangi jumlah bakteri.

Kesimpulannya, yang penting untuk diperhatikan adalah durasi pengeringan tangan, makin lama makin baik. Penelitian lain yang menggunakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) beralkohol menunjukkan cairan ini mampu mengusir seluruh bakteri namun tidak virusnya. Agar efektif, kadar alkohol yang disarankan adalah 60 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com