Ereksi Kedua Mengapa Lama?

Kompas.com - 18/09/2010, 10:01 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA: Pak dokter, saya mau tanya. Mengapa sehabis ejakulasi penis saya lama banget untuk ereksi lagi. Kalaupun bisa nggak bisa keras dan apakah saya termasuk terkena gangguan ereksi?  Bagaimana cara pengobatannya dok. Atas jawabannya terima kasih. Ari (31 thn)

JAWAB:

Setelah mengalami orgasme dan ejakulasi, pria memerlukan waktu tertentu sebelum mampu terangsang lagi, ereksi lagi, dan mampu orgasme dan ejakulasi lagi. Waktu inilah yang biasa disebut sebagai periode refrakter, semacam periode di mana pria tidak mampu.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mampu terangsang lagi sangat tergantung pada usia, rangsangan fisik atau psikis yang diterima, dan keadaan kesehatan. Artinya, walaupun usia Anda masih muda, tetapi kalau keadaan kesehatan pada saat itu tidak optimal, maka periode refrakter berlangsung lama.

Demikian juga kalau rangsangan seksual yang diterima tidak cukup atau megalami hambatan, baik secara fisik maupun psikis, maka periode refrakter berlangsung lebih lama. Sebaliknya kalau rangsangan seksual yang diterima cukup, baik secara fisik maupun psikis, maka periode refrakter berlangsung lebih singkat.    

Saya pikir Anda tidak memerlukan pengobatan apapun, kecuali kalau memang mengalami gangguan kesehatan yang menyebabkan periode refrakter lebih lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.