Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentuk Otot Halus dengan Lompat Tali

Kompas.com - 20/09/2010, 18:14 WIB

KOMPAS.com - Mulai gemar melakukan skipping atau lompat tali? Ada kabar gembira, ternyata olahraga yang bisa membakar 330 kalori dalam waktu 30 menit ini, juga bisa membentuk otot-otot halus mulai dari tangan, dada, hingga bahu.

Ternyata ketika kita lompat tali, otot-otot halus bisa dengan mudah terbentuk. Dan gerakan lompat tali yang bisa memaksimalkan niat pembentukan otot halus kita yaitu:

Lompatan Membentuk Angka 8
Caranya, berdiri dengan melebarkan kedua kaki. Pastikan lebarnya sejajar dengan bahu kita. Pegang tali di kedua tangan kita, di depan dada. Buatlah bentuk angka 8 ketika melompat, dimulai dari pundak kanan menuju panggul kiri kita. Jadikan kaki kiri kita sebagai tumpuan berat badan. Lanjutkan dari pundak kiri menuju panggul kanan kita, dan jadikan kaki kanan kita sebagai tumpuan berat badan.

Lompatan Twister
Berdiri tegap dan pegang kedua tali di samping tubuh kita. Lompat dengan kedua kaki sambil menggerakkan panggul kita dari kiri ke kanan. Lalu saat kembali melompat, silangkan kedua tangan kita di depan dada, sambil tetap menggerakkan panggul dari kiri ke kanan. Lakukan sebanyak 10 lompatan, lalu istirahat. Jika merasa kuat, lakukan lagi.

Lompatan Criss Cross
Dengan posisi tegap berdiri, silangkan kedua tangan di depan dada kita. Pastikan tangan kanan kita menyentuh sisi kiri dan tangan kiri menyentuh sisi kanan tubuh kita. Buka lengan dan melompatlah melalui lintasan tali.

Agar pembentukan otot halus kita berjalan maksimal, lakukan salah satu dari variasi lompatan di atas selama 10 menit, 2-3 kali seminggu. Ketika kita melakukan latihan lompat tali, yang terjadi sebenarnya bukan membentuk otot-otot kita saja, tetapi juga membakar lemak. Karena 10 menit saja melakukan lompat tali, sama dengan 30 menit berlari.

(Prevention Indonesia Online/Siagian Priska )

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com