Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Manfaat Tambahan Pil KB Masa Kini

Kompas.com - 25/09/2010, 10:34 WIB

Kompas.com - Beruntunglah wanita masa kini karena metode kontrasepsi yang ada kini makin beragam, efektif, berdosis rendah dan punya manfaat tambahan. Salah satu alat kontrasepsi hormonal yang memiliki manfaat tambahan adalah pil yang mengandung progestin drospirenone yang memiliki profil sangat mirip dengan progesteron alami.

Pil kontrasepsi generasi kedua memiliki kadar hormon lebih rendah dibanding pil generasi pertama sehingga lebih aman. Pil yang mengandung progestin drospirenon juga memiliki efek antimeneralokortikoid dan antiandrogenik. Dengan sifat-sifat tersebut, kontrasepsi ini memberi manfaat tambahan yakni tidak menaikkan berat badan, mengatasi masalah nyeri haid, mengurangi risiko anemia, bahkan mencegah beberapa jenis kanker.

"Kandungan hormon dalam pil membuat getah leher rahim lebih kental untuk mencegah masuknya sperma. Namun ternya bukan hanya sperma saja yang tidak bisa masuk, namun juga kuman dan bakteri penyebab infeksi," urai Prof.dr.Biran Affandi, Sp.OG, ketua Badan Kontrasepsi Asia Pacifik (APCOC) dalam peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia di Jakarta (23/9).

Secara umum, ada 10 manfaat tambahan dari pil kontrasepsi yang mengandung progestin drospirenon, yakni: 1. Membuat haid lebih teratur 2. Mengatasi gejala pra-menstruasi yang berat 3. Menurunkan risiko kista ovarium 4. Menurunkan risiko miom, pada penggunaan pil kontrasepsi selama 5 tahun. 5. Menurunkan risiko kanker ovarium dan endometrium. 6. Menurunkan risiko tumor jinak pada payudara 7. Mengurangi risiko anemia akibat perdarahan menstruasi yang berlebihan 8. Menjaga kepadatan tulang 9. Mengatasi jerawat 10. Menurunkan risiko kehamilan di luar rahim (kehamilan atopik)

Kendati demikian, pil kontrasepsi harus diberikan dengan resep dokter karena tidak semua wanita boleh mengonsumsi pil ini. Wanita perokok dan berusia di atas 35 tahun, wanita yang meiliki tekanan darah tinggi, penderita diabetes melitus, penderita gangguan liver atau kanker hati, serta yang memiliki riwayat kanker payudara tidak direkomendasikan menggunakan pil kontrasepsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com