Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Kamar Tidur Harus Di-Makeover?

Kompas.com - 27/09/2010, 18:59 WIB

KOMPAS.com - Dalam sehari, sekitar sepertiga dari hari Anda dihabiskan di kamar tidur. Oleh karena itu, ada baiknya Anda membuat kamar Anda menjadi tempat yang nyaman. Bila perlu, lakukan makeover untuk kamar tidur pribadi Anda ini. Dengan tampilan kamar yang lebih segar, segala stres akan lenyap, digantikan dengan suasana rileks dan aliran energi yang positif.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk mengubah suasana kamar tidur:

1. Bersihkan kamar dari sampah
Lantai yang bersih dapat menjadi suplemen bagi otak Anda. Jadi, membersihkan kamar dengan menyingkirkan semua pakaian yang berserakan, dan membeli rak untuk buku-buku Anda, dapat membantu Anda untuk menjadikan kamar menjadi lebih nyaman.

2. Sekali dalam seminggu, letakkan bunga segar di kamar
Sebuah studi menemukan bahwa wanita kantoran akan merasa lebih rileks ketika mereka bekerja di dekat vas bunga. Bayangkan betapa menyenangkannya jika Anda tidur dengan hal yang sama.

3. Menggunakan minyak esensial untuk pewangi kamar
Ada sejumlah aroma yang diakui sangat berguna untuk mengurangi stres. Anda dapat membeli potpourri, kumpulan tanaman kering yang dibubuhi minyak esensial. Atau buat campuran 50 ml air dengan satu atau dua tetes minyak esensial favorit Anda, lalu masukkan ke dalam botol spray  untuk digunakan sebagai penyegar udara. Ragam aroma yang dapat Anda gunakan antara lain chamomile, lavender, lemon, marjoram, neroli, orange, cendana, valerian, dan ylang-ylang.

4. Gunakan warna biru untuk warna kamar
Para ilmuwan mengatakan bahwa warna biru dapat memengaruhi sistem saraf otonom (bagian yang beroperasi di luar kesadaran Anda) untuk menurunkan detak jantung dan tekanan darah, dan melambatkan pernafasan. Pendukung terapi warna ini mengatakan bahwa warna biru memiliki efek menenangkan, santai, dan membantu Anda untuk tidur lelap. Jika Anda hendak memperbaharui warna ruangan Anda, cobalah mengecat dengan warna biru. Jika tidak, coba tambahkan selimut, bantal, dan karpet dengan warna langit.

5. Cobalah beberapa tips feng shui
Feng shui bertujuan untuk mencapai keselarasan antara spiritual diri dan lingkungan fisik Anda. Menurut ilmu kuno ini, posisi yang tepat dari elemen sebuah ruangan dapat menciptakan aliran energi yang diinginkan dan menyeimbangkan kekuatan. Praktisi menyarankan agar posisi tempat tidur Anda berseberangan dengan pintu kamar tidur, tidak secara langsung di depan pintu, tapi diagonal melintasi ruangan. Posisi jendela di sebelah kanan Anda (untuk mengalirkan energi positif ketika Anda bangun). Meja dan komputer, yang berkaitan dengan energi pekerjaan, sebaiknya dikeluarkan saja dari kamar tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com