Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dekat dengan Kedelai

Kompas.com - 29/09/2010, 20:49 WIB

KOMPAS.com - Saking banyak manfaat yang dimiliki kedelai, ada yang berseloroh, "you can't eat too much soy!" Tunggu apa lagi? hidangkan olahannya di meja makan!

Beda kota, beda nama
Kedelai adalah salah satu tanaman polong-polongan yang merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati di dunia. Malah sejak dulu dikenal sebagai "dagingnya bumi" di Asia. Uniknya baru setelah Perang Dunia II, Amerika Serikat memproduksinya.

Di Indonesia, kedelai digunakan dalam bahan makanan sehari-hari sehingga masing-masing daerah memiliki nama panggilan sendiri untuk kedelai.

Di Madura dikenal sebagai kedhele, kacang bulu di daerah Jawa Barat, dekeman di daerah Jawa, kacang rimang di Sumatra Barat, dan kadale di Ujung Pandang.

Lain halnya dengan penduduk China, di sana kedelai dikenal sebagai "daging tanpa tulang", malah ada juga yang menyebutnya sapi China.

Jenis kedelai

Ada dua jenis kedelai yang dibudidayakan yaitu kedelai putih. Uniknya, meski dinamakan demikian, bijinya bisa berwarna kuning, agak putih, atau hijau. Varian kedua adalah kedelai hitam.

Paling gres adalah kedelai edamame. Bijinya besar, warnanya hijau segar, dan berasal dari negeri Sakura, alias Jepang. Edamame biasa disajikan sebagai teman makan sushi atau camilan sehari-hari.

Cara mengolahnya sederhana, kok, yaitu cukup direbus selama 10-15 menit, lalu taburi sedikit garam. Edamame adalah camilan sehat. Rasanya manis dan empuk. Anad bisa mendapatkannya di pasar swalayan dalam bentuk segar, masih dengan kulitnya.

(Erwin Kuditawati/Tabloid Nova)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com