Ingin Bayi Laki-laki? Lakukan Teknik IVF

Kompas.com - 30/09/2010, 15:41 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Program bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF) menjadi pilihan terakhir bagi pasangan yang tidak kunjung hamil lewat cara konvensional. Selain peluang untuk hamil lebih besar, ternyata IVF juga membuat kesempatan mendapatkan bayi laki-laki lebih besar.

Riset yang dipublikasikan dalam jurnal the British Journal of Obstetrics and Gynaecology menyebutkan kemungkinan mendapat bayi laki-laki lewat program bayi tabung meningkat jadi 56 pada 100 dari 51 pada 100 jika dilakukan pembuahan normal.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap lebih dari 14.000 kelahiran. Seluruhnya merupakan bayi yang lahir lewat terapi kesuburan yang dilakukan di Australia dan Selandia Baru antara tahun 2002 dan 2006.

Bayi tabung merupakan proses pembuahan sel telur oleh sperma yang dilakukan di luar tubuh ibu, yakni di dalam tabung dengan bantuan medium kultur.

Saat ini terdapat 2 teknik bayi tabung yang biasa dilakukan, yakni mempertemukan satu sel telur dengan konsentrasi sperma 100 rb/cc di dalam tabung khusus. Pada teknik ini peluangnya lebih besar untuk mendapatkan bayi laki-laki.  

Sementara itu pada teknik kedua, yakni ICSI (Intra Cytoplasmic Sperm Injection), yakni menyuntikkan satu sperma langsung ke dalam sel telur sehingga terjadi pembuahan, kemungkinannya lebih besar mendapat bayi perempuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.