Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Pengganggu Kalsium

Kompas.com - 04/10/2010, 12:02 WIB

Kompas.com - Kepadatan tulang bisa ditingkatkan dengan sumber pangan tertentu, sayangnya kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium sering terganggu oleh beberapa makanan yang kita asup.

Makanan asin Makanan yang mengandung garam terlalu tinggi bisa membuat kalsium dalam tubuh berkurang sehingga kepadatan tulang ikut berkurang. Demikian menurut National Osteoporosis Foundation, Amerika. Hindari produk makanan yang mengandung garam lebih dari 20 persen, seperti makanan kalengan, keripik kentang, serta makanan  beku.

Mengandung oxalates Sumber pangan yang tinggi kandungan oxalates akan menganggu penyerapan kalsium. Oxalates atau asam oxalic ditemukan pada beberapa jenis tumbuhan, seperti sayuran berdaun hijau, bayam, dan beberapa jenis kacang-kacangan.

Alkohol dan kafein Kebanyakan orang yang alkoholik memiliki kepadatan tulang yang rendah karena kebiasaan minum alkohol dapat mengurangi penyimpanan kalsium oleh tubuh. Demikian juga halnya dengan minuman berkafein seperti teh atau kopi yang menganggu penyerapan kalsium. Karena itu mereka yang menyukai kopi atau teh disarankan untuk meningkatkan asupan kalsiumnya.

Makanan siap saji Kandungan lemak, sodium dan gula yang tinggi pada makanan siap saji bisa menyebabkan kepadatan tulang berkurang. Apalagi biasanya orang menyantap makanan siap saji di tambah minuman bersoda. Bila kebiasaan ini dilakukan sejak remaja, risiko penurunan massa tulang di usia dewasa lebih cepat terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com