Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes AS Peduli Malaria di Papua

Kompas.com - 07/10/2010, 22:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scot Marciel mengunjungi Akademi Kebidanan di Politeknik Kesehatan Jayapura dan bertemu para mahasiswa yang belajar di sana melalui program yang didukung Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan UNICEF. Para mahasiswa tersebut dididik untuk dapat meningkatkan kesehatan ibu dan anak.  

"Duta Besar Marciel berdiskusi tentang cara-cara inovatif untuk menggabungkan perawatan prakelahiran dengan pengobatan malaria, dalam sebuah program yang telah didanai oleh USAID sejak tahun 2006," kata Juru Bicara Kedutaan Besar Amerika Serikat, Roman Woronowycz, Kamis (7/10/2010) di Jakarta.

Menurut Marciel, malaria telah menjadi sebuah tantangan kesehatan yang besar di Papua. Para ibu hamil dan bayi-bayi mereka beresiko be sar terkena malaria, karena penyakit ini dapat menimbulkan anemia, infeksi plasenta, menurunkan berat lahir bayi, menyebabkan kelahiran prematur, keguguran, dan bahkan kematian.  

"Hanya sedikit bidan di Papua yang memiliki keahlian merawat ibu hamil yang sedang menderita malaria," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com