Membunyikan Sendi Pinggang Saat Pegal

Kompas.com - 08/10/2010, 09:07 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - "Kalau sedang pegal, saya sering membunyikan sendi, seperti sendi jemari, leher, pinggang, dan lutut. Jika sendi-sendi tersebut saya gerakkan lalu bunyi, rasanya jadi enteng. Apakah membunyikan sendi bisa berbahaya?" (Stella, Surabaya)

Menurut dr R. Sutomo Slamet Iman Santoso, ahli penyakit dalam, rasa pegal pada sendi jemari, pinggang, dan sebagainya, adalah tanda-tanda dari kelelahan pada otot-otot di sekitar sendi-sendi dan otot-otot yang menggerakkan sendi-sendi tersebut. Jadi, yang terasa pegal bukanlah sendi, tapi otot. Oleh karena itu, tidaklah tepat bila Anda membunyikan sendi-sendi tersebut. Untuk menghilangkan pegal, sebaiknya Anda beristirahat (sekaligus mengistirahatkan sendi-sendi tersebut), dan makan makanan yang mengandung nutrisi pada otot-otot yang letih tersebut.

Membunyikan sendi seperti ini bisa menimbulkan masalah. Misalnya, tukang pijat sering kali memutar sendi leher ke kanan dan ke kiri sampai bunyi untuk membuat orang yang dipijat merasa nyaman. Perlu Anda ketahui, leher sendi hanya memiliki satu sumbu, sehingga kalau pemijat memutarnya, tulang leher bisa patah atau rengat. Memperbaikinya, bisa dengan melingkarkan gips atau bidai pada leher selama beberapa minggu agar tulang sumbu pada leher dapat kembali normal.

Pada sendi-sendi lain, misalnya sendi di pinggang, kadang-kadang pemijat memutar badan orang yang dipijat ke kiri dan ke kanan dengan agak keras. Kalau lagi sial, ruas tulang belakang bisa terpeleset dan tidak akan kembali pada tempatnya, sehingga keesokan harinya Anda akan merasa ngilu pada tulang tersebut.

Secara pribadi, dr Sutomo tidak menyetujui apabila sendi-sendi badan diputar-putar sampai bunyi walaupun sedang pegal. Risikonya terlalu besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.