Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Indomie Aman Dikonsumsi

Kompas.com - 12/10/2010, 22:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menyatakan kalau produk mi instan merek Indomie yang diproduksi oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) aman dikonsumsi.

Pernyataan Mari tersebut diperoleh setelah melakukan rapat secara dadakan dengan Kustantinah, Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), di Jakarta, Selasa (12/10/2010) malam.

“Produk Indomie itu aman dan tidak harus ada kekhawatiran kalau produk Indomie itu tidak aman dikonsumsi,” tegas Mari dalam konferensi pers yang dilakukannya di Jakarta, Selasa. Mengenai temuan pengawet pada produk Indomie di Taiwan itu, Mari mengaku terjadi karena ada perbedaan standar penggunaan pengawet pada makanan tersebut. “Ada perbedaan standar memang,” jelas Mari.

Ia menyimpulkan, standar produk Indonesia itu sudah aman dan sesuai dengan standar yang dipersyaratkan oleh kesepakatan international. Dari beberapa jenis produk yang ditemukan di Taiwan, Mari mengaku hanya ada tiga produk yang ditemukan menggunakan pengawet jenis Nipagin.

“Hanya ada tiga yang ditemukan, sedangkan sejumlah produk lain yang sama sekali tidak mengandung Nipagin di Indonesia maupun di pasar mana pun,” ungkap Mari, yang menyatakan sudah menjalin kontak dengan otoritas Taiwan untuk meminta klarifikasi hasil temuannya. (Kontan/Asnil Bambani Amri)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com