Cara Mengetahui Kualitas Sperma

Kompas.com - 13/10/2010, 08:05 WIB
EditorAsep Candra

TANYA  :

Dok ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan yaitu, pertama, bagaimana yang disebut kualitas cairan sperma yang baik? Kedua, bagaimana dengan cairan sperma yang encer dan agak bening, apakah bisa mempengaruhi kehamilan? Ketiga, bagaimana memperbaiki cairan sperma yang kurang baik? Terima kasih atas jawabannya, Dok.

(Rifay 42 tahun, Jakarta)

JAWAB :

Untuk mengetahui dengan benar kualitas dan kuantitas sperma, tentu harus diperiksa secara laboratoris. Di dalamnya termasuk pemeriksaan secara mikroskopik. Jadi, sulit menjawab pertanyaan Anda di atas.

Dari pemeriksaan itu dapat disimpulkan apakah sperma normal atau tidak. Kalau tidak normal, pada bagian apanya. Apakah jumlah sel spermatozoanya? Apakah geraknya? Apakah bentuknya? Sebelum itu, dapat diketahui apakah volume, warna, bau, pH, dan kekentalannya normal atau tidak.

Kalau terjadi gangguan atau sperma tidak normal, maka harus diketahui juga apa penyebabnya. Dapat diperbaiki atau tidak, hal itu sangat tergantung pada sejauh mana gangguan yang terjadi dan penyebabnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.