Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anoreksia Juga Dialami Anak-anak

Kompas.com - 13/10/2010, 10:24 WIB

Kompas.com - Penyakit gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia pada umumnya dialami oleh remaja dan gadis-gadis muda. Namun secara mengejutkan muncul fakta bahwa anak-anak perempuan yang belum genap berusia 10 tahun juga sudah terobsesi pada makanan dan berat badan.

Kalau orang bulimia tidak bisa mengendalikan nafsu makannya yang luar biasa, penderita anoreksia berusaha untuk sesedikit mungkin mengonsumsi makanan dan minuman karena merasa dirinya kegemukan. Sekalipun badan sudah kurus kering, orang anoreksia tidak akan menghentikan "puasanya" karena mereka tetap merasa kegemukan.

Akibat paling fatal dari anoreksia yang tidak ditangani dengan baik adalah kematian. Namun sebelum sebelum sampai sedemikian fatal, penderita  anoreksia bisa terancam bermacam penyakit. Di kemudian hari mereka bisa terkena penyakit jantung, anemia dan pengeroposan tulang.

Menurut data di Inggris, jumlah anak perempuan yang dirawat di rumah sakit akibat anoreksia dan bulimia meningkat dua kali lipat di tahun 2009. Setiap tahunnya 1.500 pasien gangguan makan dirawat di rumah sakit dan satu dari enam pasien tersebut adalah remaja berusia kurang dari 14 tahun.

Penderita  anoreksia  seringkali  tidak mempunyai kebanggaan diri dan  kadangkala  mereka merasa tidak pantas untuk makan. Jangan heran bila  Anda  menemukan  penderita  anoreksia yang merasa malu makan di muka umum.  Mereka seperti merasa bersalah karena mengkonsumsi makanan.

Survei juga menunjukkan, seorang ibu yang melakukan pengaturan makan atau berdiet juga beresiko memiliki anak yang menderita gangguan makan. Meski kebanyakan anak yang menderita anoreksia dan bulimia adalah mereka yang terobsesi dengan penampilan aktris atau model.

Para orangtua disarankan untuk waspada bila anak mereka mulai mencari-cari alasan agar tidak makan dan berolahraga secara berlebihan karena khawatir takut kegemukan. Peran orangtua juga penting untuk membantu mengubah citra diri yang negatif pada penderita anoreksia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com