Mengurangi Nyeri Tubuh dalam 2 Menit

Kompas.com - 13/10/2010, 15:12 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Ketika sedang beraktivitas dengan posisi yang sama terus-menerus, seringkali badan kita menjadi nyeri. Pundak nyeri, pinggang pegal, leher pun jadi tegang. Kondisi ini sungguh tak nyaman, apalagi jika Anda masih harus melanjutkan kegiatan. Tetapi Anda bisa mencoba memperbaiki kondisi ini dalam waktu kurang dari 120 detik.

1. Jika Anda terlalu stres
"Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan bernapas," kata Brooke Siler, pemilik Re:AB Pilates Studio di New York City. Tutup mata Anda, lalu tarik nafas dalam-dalam melalui hidung. Tahan selama 5 hitungan, lalu hembuskan nafas melalui hidung selama 10 hitungan. Ulangi selama dua menit. Hal ini dapat membantu Anda lebih rileks.

2. Tegang pada bahu Anda
Ketika bahu terasa tegang, berdirilah dengan punggung menempel di dinding. Perlahan-lahan, lipat tubuh Anda hingga kepala mengarah ke lantai. Biarkan kedua lengan menjuntai ke bawah dan berayun bebas. Dari sini, lakukan gerakan memutar dengan lengan sebanyak delapan kali, untuk melepaskan ketegangan. Kemudian, secara perlahan-lahan, angkat kembali tubuh Anda ke posisi semula.

3. Jika punggung bawah terasa nyeri
Cobalah untuk tidur telentang dengan kedua kaki terjulur, dan kedua tangan di sisi badan. Perlahan tarik lutut kanan ke arah dada sambil memegang bagian belakang paha. Lepaskan dan regangkan lutut kanan Anda melintasi tubuh ke arah kiri sejauh yang Anda mampu. Jaga agar kedua pundak tetap menempel di lantai, dan kedua lengan terentang ke samping. Ganti dengan  kaki kiri, lalu ulangi gerakan tersebut.

4. Sakit kepala yang begitu tegang
"Penyebabnya sebenarnya ketegangan leher, bukan sakit kepala," kata ahli kiropraktik Drew DeMann, DC, direktur Manhattan Spine & Sports Medicine di NYC.

Cara mengatasinya: Dengan lengan kanan di sisi tubuh Anda, miringkan kepala ke arah bahu kiri, tarik kepala perlahan dengan tangan kiri untuk memperdalam peregangan. Tahan selama 30 detik, ulangi dua kali di setiap sisi.

5. Jika merasa kekurangan energi
Mandy Ingber, seorang yogi profesional, merekomendasikan sebuah pose yoga yang bernama Bridge Pose. Caranya dengan berbaring dengan lutut ditekuk selebar bahu, telapak kaki tepat di bawah lutut. Perlahan, angkat pinggul, punggung bawah, hingga punggung atas, satu-persatu seolah Anda mengangkat ruas tulang belakang satu demi satu. Dengan pundak tetap menempel di lantai, letakkan kedua tangan mendatar di lantai. Tahan selama 30 detik, sambil bernapas perlahan-lahan.

"Pose ini memungkinkan paru-paru untuk mengembang sepenuhnya, sehingga semakin banyak oksigen yang bersirkulasi ke otak dan otot Anda," tutur pelatih yoga Jennifer Aniston ini.

6. Jika pinggul sakit saat mengemudi
Berjam-jam mengemudi bisa menyebabkan rasa sakit pada pinggul dan kaki, kata Dr DeMann. Solusinya: Berdirilah dengan sisi kanan Anda menghadap mobil, dan letakkan tangan kanan pada mobil sejajar bahu. Silangkan kaki kanan di belakang kaki kiri dengan telapak kaki mendatar, lalu miringkan pinggul ke arah mobil sehingga Anda melengkung ke samping. Rasakan peregangan di pinggul kanan. Tahan selama 30 detik, ulangi pada sisi yang berlawanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.