Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Juga Nyatakan Indomie Aman

Kompas.com - 13/10/2010, 19:37 WIB

PUTRAJAYA, KOMPAS.com — Giliran Malaysia yang menyatakan bahwa mi instan Indomie produksi Indofood aman untuk dikonsumsi.

Menteri Kesehatan Malayasia Datuk Seri Liow Tiong Lai, Rabu (13/10/2010), mengatakan, pihaknya telah menguji 30 dari 77 sampel Indomie di pasar lokal dan tidak menemukan bahan pengawet hydroxylbenzoic acid methyl ester.

"Kementerian ingin memastikan bahwa makan Indomie tidak akan menimbulkan risiko kesehatan bagi konsumen," katanya, seperti dikutip The Star Malaysia.

Pekan lalu, Taiwan mengklaim telah menemukan kandungan zat pengawet E218 (methyl p-droxybenzoate) dalam produk mi instan Indonesia.

Sementara Taiwan masih memperbolehkan pengawet untuk digunakan pada tingkat tidak lebih dari 250 mg per kg pada bumbu kecap manis. Adapun Malaysia, sebut Liow, sama sekali tidak menoleransi sama sekali penggunaannya dalam mi instan, sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Codex Alimentarius Commission.

"Komisi tersebut memungkinkan penggunaan pengawet hanya di makanan ringan dan pada tingkat antara 300 sampai 500 mg per kg, sementara Eropa dan Kanada telah diizinkan penggunaannya dalam acar, selai, buah yang diawetkan, dan beberapa makanan diawetkan lainnya pada tingkat antara 300 sampai 1.000 mg per kg," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com