Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efektifkah Kegel Atasi Ejakulasi Dini?

Kompas.com - 22/10/2010, 09:01 WIB

TANYA : Prof Wimpie yang saya hormati. Di berbagai artikel yang saya baca, untuk mengatasi ejakulasi dini bisa dilakukan dengan senam kegel. Apakah senam kegel tersebut ada efek sampingnya dalam jangka pendek/panjang jika tanpa bimbingan dari dokter atau ahlinya? Langkah apa yang terbaik untuk mengatasi ejakulasi dini. Terima kasih banyak  atas jawabannya.   Pratama (24) Yogyakarta   JAWAB : 

Untuk mengatasi ejakulasi dini, latihan Kegel memang merupakan salah satu rekomendasi. Berarti pria yang mengalami ejakulasi dini boleh mencoba mengatasinya dengan latihan Kegel. Dengan latihan Kegel maka otot dasar panggul dilatih agar lebih kuat dan diharapkan mempu mengontrol ejakulasi ketika melakukan hubungan seksual. Dengan demikian maka ejakulasi dapat ditunda.

Tetapi apakah dengan melakukan latihan Kegel, ejakulasi dini pasti dapat diatasi, tentu jawabannya tidak pasti. Latihan Kegel hanya dapat mengatasi ejakulasi dini kalau penyebabnya berkaitan dengan kelemahan otot dasar panggul, di sekitar pangkal penis.

Kalau penyebab ejakulasi dini karena fakor lain, tentu latihan Kegel tidak bermanfaat. Karena itu ada pilihan lain untuk mengatasi ejakulasi dini, misalnya dengan menggunakan obat tertentu. Tetapi kalau Anda mau mencoba, silakan saja. Masalahnya, apa benar Anda mengalami ejakulasi dini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com