Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Jangkung Rentan Kanker Testis

Kompas.com - 27/10/2010, 11:16 WIB

Kompas.com - Pria jangkung memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker testis. Itu sebabnya perlu dilakukan pemeriksaan genital secara rutin untuk mengendus keberadaan kanker yang menyerang skrotum ini secara dini.

Seperti halnya kanker jenis lain, tidak mudah mengetahui pemicu kanker testis. Namun hasil analisa data penelitian yang dilakukan terhadap 10.000 pria diketahui pria yang memiliki tinggi badan di atas rata-rata risikonya untuk terkena kanker testis meningkat hingga 13 persen.

Kendati begitu, para ahli mengatakan Anda yang termasuk bertubuh jangkung tidak perlu cemas berlebihan karena kanker testis termasuk penyakit yang langka, menimpa 1 dari 210 pria. Justru yang perlu lebih diwaspadai adalah faktor risiko lain, seperti riwayat keturunan serta gaya hidup tidak sehat.

Dalam analisa yang dilakukan tim ahli dari Amerika terhadap 13 penelitian, para peneliti tidak menemukan kaitan antara berat badan dengan kanker. Namun tren kejadian kanker meningkat pada pria yang tinggi badannya di atas rata-rata.

"Pria jangkung tidak perlu khawatir berlebihan karena kanker testis cukup jarang, hanya 4 dari 100 pembengkakan testis yang benar-benar kanker," kata Sara Hiom, dari Cancer Research, Inggris.

Akan tetapi para pria disarankan untuk melakukan pemeriksaan organ genitalnya secara rutin untuk mengetahui adanya pembesaran ukuran testis yang tidak normal. Apalagi kini tren kanker ini menyerang pria muda berusia kurang dari 35 tahun. Jika ada pembengkakan, benjolan, atau perubahan warna, segeralah berkonsultasi ke dokter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com