Pria Jangkung Rentan Kanker Testis

Kompas.com - 27/10/2010, 11:16 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Pria jangkung memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker testis. Itu sebabnya perlu dilakukan pemeriksaan genital secara rutin untuk mengendus keberadaan kanker yang menyerang skrotum ini secara dini.

Seperti halnya kanker jenis lain, tidak mudah mengetahui pemicu kanker testis. Namun hasil analisa data penelitian yang dilakukan terhadap 10.000 pria diketahui pria yang memiliki tinggi badan di atas rata-rata risikonya untuk terkena kanker testis meningkat hingga 13 persen.

Kendati begitu, para ahli mengatakan Anda yang termasuk bertubuh jangkung tidak perlu cemas berlebihan karena kanker testis termasuk penyakit yang langka, menimpa 1 dari 210 pria. Justru yang perlu lebih diwaspadai adalah faktor risiko lain, seperti riwayat keturunan serta gaya hidup tidak sehat.

Dalam analisa yang dilakukan tim ahli dari Amerika terhadap 13 penelitian, para peneliti tidak menemukan kaitan antara berat badan dengan kanker. Namun tren kejadian kanker meningkat pada pria yang tinggi badannya di atas rata-rata.

"Pria jangkung tidak perlu khawatir berlebihan karena kanker testis cukup jarang, hanya 4 dari 100 pembengkakan testis yang benar-benar kanker," kata Sara Hiom, dari Cancer Research, Inggris.

Akan tetapi para pria disarankan untuk melakukan pemeriksaan organ genitalnya secara rutin untuk mengetahui adanya pembesaran ukuran testis yang tidak normal. Apalagi kini tren kanker ini menyerang pria muda berusia kurang dari 35 tahun. Jika ada pembengkakan, benjolan, atau perubahan warna, segeralah berkonsultasi ke dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.