Hindari Nyeri akibat "Mouse" dan "Keyboard"

Kompas.com - 02/11/2010, 09:40 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com — Penggunaan komputer khususnya di perkotaan saat ini sudah sangat lazim. Tak hanya di kantor, tetapi juga di rumah, di sekolah, bahkan di kafe-kafe. Dari anak-anak, ibu rumah tangga, profesional muda, sampai orang tua juga banyak yang sudah demikian erat "bergaul" dengan komputer.

Sebagian besar pekerja kantoran menghabiskan waktu rata-rata 6-8 jam per hari di depan komputer. Itu artinya, piranti seperti keyboard dan mouse sering digunakan.

Belum banyak orang menyadari bahwa letak mouse dan keyboard yang kurang sesuai dapat menimbulkan masalah pada tubuh manusia, terutama di bagian tangan. Salah satu gangguan akibat penggunaan berlebihan dari kedua alat ini adalah carpal tunnel syndrome (sindrom terowongan karpal).

Sindrom carpal tunnel  adalah rasa sakit yang menekan bagian saraf yang melalui pergelangan tangan. Sindrom ini disebabkan bagian syaraf yang tertekan, di bagian telapak dari pergelangan tangan (daerah itu disebut carpal tunnel).

Tekanan tersebut terjadi ketika jaringan serat menjadi menumpuk dan membengkak karena berbagai macam sebab pada bagian telapak di pergelangan tangan. Sindrom carpal tunnel sering terjadi, khususnya pada wanita dan dapat berpengaruh pada satu atau  kedua tangan.

Menggunakan mouse memang memerlukan pergerakan yang terbatas dan ketepatan tangan ataupun jari jemari. Jari telunjuk dan jari tengah adalah yang sering digunakan untuk melakukan klik ataupun scrolling. Gerakan ini dapat menyebabkan penggunaan sendi tangan berlebihan.

Jika posisi tangan atau jari tidak ergonomis (tidak nyaman), risiko untuk mengalami gangguan di bagian tubuh tersebut tentu akan semakin besar.  Posisi mouse yang tidak nyaman juga bisa menimbulkan perasaan baal pada ibu jari dan telunjuk yang bisa menjurus menjadi carpal tunnel syndrome.

Ada beberapa cara supaya sindrom ini tidak menyerang Anda saat bekerja.  Ketika menggunakan komputer, pastikan seluruh peralatan termasuk mouse berada dalam jarak ideal untuk mengurangi ketegangan di tangan dan pergelangan.

Upayakan agar siku tangan selalu dekat dengan sisi tubuh saat memegang mouse atau mengetik. Untuk menghidari ketegangan, biasakan pula beristirahat minimal sejam sekali. Beri pula jeda waktu di setiap aktivitas dengan gerakan berulang di tangan dan pergelangan.  Lakukan peregangan tangan dan pergelangan ke arah yang berlawanan dari yang sering Anda lakukan. (mic)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.