Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Konsekuensi Operasi Plastik

Kompas.com - 02/11/2010, 17:38 WIB

KOMPAS.com - Mempercantik diri dengan operasi dianggap mampu menunjang penampilan. Jika cara ini menjadi pilihan terakhir Anda, sebelum melakukan operasi plastik, pastikan Anda memahami risiko, manfaat, dan konsekuensinya.

Inilah faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan operasi plastik:

Ekspektasi

Jika Anda tak cukup puas dengan penampilan saat ini, operasi plastik dianggap solusi. Namun perlu dipahami, bahwa perubahan fisik setelah operasi tak lantas menjadikan Anda sosok sempurna. Jangan berlebihan dengan ekspektasi diri sendiri. Operasi plastik lebih dimaksudkan memperbaiki kondisi saat ini, bukan menjadikan Anda sama seperti bintang idola. Operasi yang dilakukan akan berujung pada kekecewaan atau penyesalan, jika tujuannya untuk menjadikan Anda selebriti.

Biaya
Jangan berharap asuransi kesehatan bisa membiayai operasi plastik. Artinya, Anda mengeluarkan uang khusus untuk menjalani niat ini. Biaya operasi plastik bervariasi tergantung prosedur yang diterapkan. Jumlah anggaran yang perlu disiapkan juga tak sedikit. Kebutuhan biaya bukan sekadar saat operasi. Namun juga biaya untuk perawatan pascaoperasi dan prosedur penanganan tambahan.

Risiko
Sejumlah risiko yang harus siap ditanggung adalah ketidakpuasan akan hasil akhirnya (berlaku untuk semua jenis operasi plastik), komplikasi, pendarahan, dan infeksi di titik operasi. Jadi, jika ingin menjalani operasi plastik untuk alasan kecantikan, bersiaplah dengan semua risiko ini.  

Masa penyembuhan
Pascaoperasi plastik, Anda membutuhkan waktu berminggu-minggu bahkan dalam hitungan bulan, untuk melewati masa penyembuhan. Masa penyembuhan ini memberikan sejumlah efek secara fisik bahkan kehidupan personal dan profesional. Aktivitas terkait profesi terganggu bahkan terhenti dalam periode waktu yang lama.

Perubahan psikis
Kepercayaan diri boleh jadi meningkat, itu pun jika hasil operasi memuaskan Anda. Perubahan piskis pascaoperasi adalah faktor lain yang perlu dipersiapkan. Depresi dan kondisi kesehatan mental lainnya mungkin saja muncul meski secara fisik, Anda lebih terpuaskan dengan operasi plastik.

Jadi, jangan mudah tergiur operasi plastik, di bagian tubuh kekecil apapun, jika tak siap dengan semua konsekuensi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com