Inilah Konsekuensi Operasi Plastik

Kompas.com - 02/11/2010, 17:38 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Mempercantik diri dengan operasi dianggap mampu menunjang penampilan. Jika cara ini menjadi pilihan terakhir Anda, sebelum melakukan operasi plastik, pastikan Anda memahami risiko, manfaat, dan konsekuensinya.

Inilah faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan operasi plastik:

Ekspektasi

Jika Anda tak cukup puas dengan penampilan saat ini, operasi plastik dianggap solusi. Namun perlu dipahami, bahwa perubahan fisik setelah operasi tak lantas menjadikan Anda sosok sempurna. Jangan berlebihan dengan ekspektasi diri sendiri. Operasi plastik lebih dimaksudkan memperbaiki kondisi saat ini, bukan menjadikan Anda sama seperti bintang idola. Operasi yang dilakukan akan berujung pada kekecewaan atau penyesalan, jika tujuannya untuk menjadikan Anda selebriti.

Biaya
Jangan berharap asuransi kesehatan bisa membiayai operasi plastik. Artinya, Anda mengeluarkan uang khusus untuk menjalani niat ini. Biaya operasi plastik bervariasi tergantung prosedur yang diterapkan. Jumlah anggaran yang perlu disiapkan juga tak sedikit. Kebutuhan biaya bukan sekadar saat operasi. Namun juga biaya untuk perawatan pascaoperasi dan prosedur penanganan tambahan.

Risiko
Sejumlah risiko yang harus siap ditanggung adalah ketidakpuasan akan hasil akhirnya (berlaku untuk semua jenis operasi plastik), komplikasi, pendarahan, dan infeksi di titik operasi. Jadi, jika ingin menjalani operasi plastik untuk alasan kecantikan, bersiaplah dengan semua risiko ini.  

Masa penyembuhan
Pascaoperasi plastik, Anda membutuhkan waktu berminggu-minggu bahkan dalam hitungan bulan, untuk melewati masa penyembuhan. Masa penyembuhan ini memberikan sejumlah efek secara fisik bahkan kehidupan personal dan profesional. Aktivitas terkait profesi terganggu bahkan terhenti dalam periode waktu yang lama.

Perubahan psikis
Kepercayaan diri boleh jadi meningkat, itu pun jika hasil operasi memuaskan Anda. Perubahan piskis pascaoperasi adalah faktor lain yang perlu dipersiapkan. Depresi dan kondisi kesehatan mental lainnya mungkin saja muncul meski secara fisik, Anda lebih terpuaskan dengan operasi plastik.

Jadi, jangan mudah tergiur operasi plastik, di bagian tubuh kekecil apapun, jika tak siap dengan semua konsekuensi ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.