Cek Kesehatan Lewat Kuku

Kompas.com - 03/11/2010, 09:27 WIB
EditorLusia Kus Anna

Melihat kondisi kuku menjadi salah satu cara mudah untuk mengintip status kesehatan seseorang. Warna kuku yang sehat adalah berwarna merah jambu. Jika muncul bercak putih atau warna kuning, itu bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan. Penyakit pada liver, paru, atau jantung juga bisa dideteksi lewat kondisi kuku. Apa yang dikatakan kuku terhadap kondisi kesehatan Anda?

Kuku pucat Kuku yang berwarna agak putih atau pucat seringkali terkait dengan faktor penuaan. Akan tetapi kuku dengan warna tersebut juga bisa menjadi tanda beberapa penyakit, seperti anemia, gangguan jantung, penyakit liver, serta kurang gizi.

Kuku putih Bila hampir seluruh bagian kuku berwarna putih dengan lengkungan berwarna gelap, ini bisa menjadi indikasi gangguan pada hati, seperti penyakit hepatitis.

Kuku kuning Penyebab paling sering kuku berwarna kuning adalah infeksi jamur. Dengan semakin parahnya infeksi, kuku akan menjadi rapuh dan mudah patah. Pada kondisi yang langka, kuku kuning juga bisa mengindikasikan gangguan tiroid, penyakit paru, atau psoriasis.

Kebiruan Warna kuku yang agak biru bisa menjadi pertanda tubuh kekurangan oksigen. Hal ini juga bisa menjadi indikator infeksi di paru, seperti pneumonia (radang paru). Penyakit lain yang perlu diwaspadai adalah diabetes.

Bintik-bintik Kuku yang berbintik-bintik kemungkinan adalah gejala awal psoriasis atau peradangan artritis.

Rapuh dan patah Kuku yang kering, rapuh dan sering patah dikaitkan dengan penyakit tiroid. Sementara itu kuku yang berwarna kuning dan mudah patah biasanya disebabkan oleh infeksi jamur.

Bengkak di sekitar kuku Bila kulit di sekeliling kuku terlihat merah dan bengkak, mungkin telah terjadi peradangan. Penyebabnya antara lain penyakit lupus atau gangguan jaringan.

Garis hitam Munculnya garis vertikal berwarna kehitaman perlu diwaspadai karena itu bisa jadi tanda melanoma, tipe kanker kulit yang berbahaya. Segeralah periksa ke dokter.

Sering digigit Menggigit kuku mungkin salah satu kebiasan buruk Anda yang sulit diubah. Namun pada banyak kasus kebiasaan menggigit kuku bisa menjadi tanda gangguan mental, seperti kecemasan atau gangguan obsesif kompulsif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.