Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Kurang Tidur Bagi Si Ekstrovert

Kompas.com - 03/11/2010, 11:52 WIB

Kompas.com - Kurang tidur dan gangguan konsentrasi memiliki kaitan yang erat. Namun, berat ringannya dampak tersebut ternyata berbeda, tergantung pada tipe kepribadian seseorang. Mereka yang berkepribadian ekstrovert atau terbuka paling merasakan dampaknya.

Dalam penelitian yang dilakukan peneliti militer di Amerika Serikat terhadap 48 orang usia 18-39 tahun, terungkap bahwa orang berkepribadian ekstrovert mengalami gangguan konsentrasi lebih buruk saat kurang tidur.

Dibandingkan dengan orang yang berkepribadian tertutup, mereka yang ekstrovert memiliki nilai tes yang buruk setelah mereka begadang. Dalam penelitian ini para responden diwajibkan mengerjakan soal-soal secepat mungkin.

Para peneliti dari Walter Reed Army Institute, AS, yang melakukan studi ini menyebutkan, pergaulan sosial yang menjadi salah satu minat orang ekstrovert membuat otak mereka kelelahan. Sehingga jika kekurangan tidur, bagian otak yang mengatur kewaspadaan dan konsentrasi berkurang fungsinya. Kekurangan tidur juga lebih memengaruhi mood orang-orang yang ekstrovert.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com