Tolong Dok, Testis Saya Mengecil

Kompas.com - 04/11/2010, 08:16 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok salam kenal. Saya mau bertanya. Dulu saat berumur 13 tahun testis sebelah kiri saya bengkak dan sakit tanpa saya ketahui penyebabnya.

Saya pergi ke dokter dan dikatakan infeksi. Setelah itu saya diberi obat dan setelah minum obat tersebut testis saya sebelah kiri mengecil, namun ukurannya jauh lebih kecil dari yang kanan. Saat ini saya khawatir karena saya berencana menikah.

Saya takut terjadi kemandulan. Yang ingin saya tanyakan kondisi apa yang saya alami ini? Kemanakah saya harus berobat dok?Bagaimana menurut dokter fungsi reproduksi saya ke depannya?

Innuendo 22, Denpasar

JAWAB :

Kalau benar pada waktu itu Anda mengalami infeksi pada testis, maka salah satu kemungkinan akibat yang terjadi ialah kerusakan bagian testis yang memproduksi spermatozoa.

Akibatnya dapat berupa gangguan kesuburan atau mandul sama sekali. Akibat infeksi yang Anda alami terlihat dari ukuran testis yang mengecil. Kalau benar ukuran testis mengecil, berarti telah terjadi kerusakan di dalam testis khususnya bagian yang memproduksi sel spermatozoa.

Untuk memastikan tentu diperlukan pemeriksaan oleh tenaga ahli khususnya ahli Andrologi. Pemeriksaan analisis sperma diperlukan untuk mengetahui sejauh mana kesuburan telah terganggu. Pengobatan baru dapat ditentukan berdasarkan hasil pemeriksaan yang benar.

Hasil pengobatan juga tergantung pada kerusakan testis yang terjadi. Saya sarankan Anda segera mendapat pemeriksaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.