Kali Code Siaga Banjir Lahar

Kompas.com - 05/11/2010, 13:06 WIB
EditorA. Wisnubrata

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Warga di sepanjang aliran Kali Code yang membelah Kota Yogyakarta diperingatkan untuk waspada. Banjir lahar dingin bisa jadi akan menggelontori sungai itu dalam beberapa jam lagi semenjak letusan Merapi hari Jumat (5/11/2010) pukul 11.30 WIB.

Dewi, staf dari Seksi Gunung Berapi BPPTK Yogyakarta menjelaskan banjr lahar dingin akan terjadi jika curah hujan di puncak mencapai 30 mm/jam, dan berlangsung terus menerus selama tiga jam.

"Itu juga akan tergantung kandungan debu dan material vulkaniknya," kata Dewi. BPPTK Yogyakarta juga telah menghubungi Wali Kota Yogya Kamis malam terkait potensi dan ancaman ke Kali Code ini.

Seperti berita sebelumnya, lahar dingin dilaporkan mulai menggelontor ke aliran Kali Boyong yang memotong sisi barat Kaliurang menuju arah Kota Yogya. Laporan via radio komunikasi warga ini termonitor Jumat (5/11/2010) pukul 10.45 WIB. Cuaca di kawan puncak mendung tebal dan hujan.

Diperkirakan banjir lahar juga akan menggelontor Kali Kuning, dan mengulang kejadian Rabu lalu. Warga di bantaran Kali Code yang membelah Kota Yogya diminta waspada kemungkinan buruk meluapnya lahar dingin siang atau sore ini.

Di jembatan Kali Gendol yang menghubungkan Dusun Srodokan dan Gadingan di Cangkringan, Sleman, wartawan menyaksikan batu sebesar truk melintang di tengah jalan. Batu itu sebelumnya belum pernah ada.

Diduga batu itu material vulkanik yang menggelinding dari puncak atau tumpukan lava di lereng tenggara Merapi. Saat ini evakuasi korban di Dusun Ngranggong sudah usai, dan sejumlah prajurit TNI/Polri menjaga dusun yang ludes itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.