Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Code Siaga Banjir Lahar

Kompas.com - 05/11/2010, 13:06 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Warga di sepanjang aliran Kali Code yang membelah Kota Yogyakarta diperingatkan untuk waspada. Banjir lahar dingin bisa jadi akan menggelontori sungai itu dalam beberapa jam lagi semenjak letusan Merapi hari Jumat (5/11/2010) pukul 11.30 WIB.

Dewi, staf dari Seksi Gunung Berapi BPPTK Yogyakarta menjelaskan banjr lahar dingin akan terjadi jika curah hujan di puncak mencapai 30 mm/jam, dan berlangsung terus menerus selama tiga jam.

"Itu juga akan tergantung kandungan debu dan material vulkaniknya," kata Dewi. BPPTK Yogyakarta juga telah menghubungi Wali Kota Yogya Kamis malam terkait potensi dan ancaman ke Kali Code ini.

Seperti berita sebelumnya, lahar dingin dilaporkan mulai menggelontor ke aliran Kali Boyong yang memotong sisi barat Kaliurang menuju arah Kota Yogya. Laporan via radio komunikasi warga ini termonitor Jumat (5/11/2010) pukul 10.45 WIB. Cuaca di kawan puncak mendung tebal dan hujan.

Diperkirakan banjir lahar juga akan menggelontor Kali Kuning, dan mengulang kejadian Rabu lalu. Warga di bantaran Kali Code yang membelah Kota Yogya diminta waspada kemungkinan buruk meluapnya lahar dingin siang atau sore ini.

Di jembatan Kali Gendol yang menghubungkan Dusun Srodokan dan Gadingan di Cangkringan, Sleman, wartawan menyaksikan batu sebesar truk melintang di tengah jalan. Batu itu sebelumnya belum pernah ada.

Diduga batu itu material vulkanik yang menggelinding dari puncak atau tumpukan lava di lereng tenggara Merapi. Saat ini evakuasi korban di Dusun Ngranggong sudah usai, dan sejumlah prajurit TNI/Polri menjaga dusun yang ludes itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com