Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aroma Rempah-rempah Pembawa Nikmat

Kompas.com - 06/11/2010, 04:00 WIB

Hidangan tradisional Indonesia terkenal berbumbu dan rempah-rempahnya begitu kaya. Adanya rempah-rempah dalam setiap masakan itu menimbulkan aroma khas dan diyakini menambah kelezatan masakan.

Selain bawang merah dan bawang putih, ada banyak rempah-rempah dalam sajian menu Nusantara. Misalnya, serai, jahe, lengkuas, asam, kunyit, merica, ketumbar, kayu manis, daun salam, daun jeruk, pala, cengkeh, hingga jintan. Bahkan, untuk minuman pun nikmat jika beraroma rempah seperti teh serai dan aneka wedang yang terhidang panas.

Saking banyaknya bumbu dalam kuliner Indonesia, banyak yang mengira memasak hidangan tradisional negeri ini lumayan merepotkan. Belum lagi banyak resep masakan yang berdasarkan ilmu kira-kira, tanpa memberikan takaran yang pasti.

Kesulitan lainnya adalah memastikan masakan tersebut dapat diterima siapa saja. Padahal, setiap orang memiliki selera berbeda. Nah, untuk penikmat kuliner yang selera tingkat kepedasan yang berlainan, tersedia beragam sambal.

Umumnya sambal berbahan baku cabai, baik cabai rawit maupun cabai merah dan hijau, serta bawang plus garam. Di Restoran Rempah-Rempah, Jakarta Selatan, tersedia sambal tuk-tuk, sambal terasi, sambal picit, sambal sereh, sambal kecap, dan sambal minyak. Tidak ketinggalan sambal teri keprok yang termasuk menu keringan. Sementara Restoran Kemiri menyediakan, antara lain, sambal terasi dan sambal matah.

Agar pembeli tidak bingung soal tingkat kepedasan sajian, Restoran Rempah-Rempah memberi tanpa cabai merah di setiap menu yang bercita rasa pedas. Satu cabai untuk sajian sedikit pedas, dua cabai untuk sajian yang cukup pedas, dan tiga cabai untuk sajian pedas.

Bagi konsumen yang enggan memilih hidangan nasi, sayur, dan lauk secara terpisah, di kedua restoran itu tersedia pula menu hidangan sepinggan, yakni sajian lengkap dalam satu porsi. Di sana tersedia nasi goreng sereh, nasi campur rempah-rempah, nasi tutug cianjur, nasi kintamani, nasi campur kapau taoco, nasi goreng kambing kari, nasi campur wong deso, dan nasi campur wardani.

Apa pun pilihan menunya, sajian Nusantara mampu tampil menarik, mengiurkan, lezat, dan selalu membuat penikmatnya kangen. Ingin kembali menikmati lagi dan lagi. Mungkin karena aroma rempah-rempah nan menggoda. (TIA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com