Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Soda Tiap Hari Bisa Bikin Encok

Kompas.com - 15/11/2010, 15:10 WIB

KOMPAS.com - Berbagai penelitian yang mengungkapkan bahayanya minum minuman bersoda secara berlebihan, ternyata belum membuat orang tersentuh. Banyak keluarga yang bahkan menyediakan berbagai soft drink ukuran family untuk minuman sehari-hari.

Bila Anda belum pernah mendengar fakta-fakta mengenai minuman bersoda, salah satunya adalah bahwa minuman bersoda bisa menyebabkan obesitas dan diabetes. Coba Anda cek label kemasan pada soft drink yang banyak dijual di pasaran. Untuk ukuran sekaleng (330 ml), minuman bersoda ini mengandung 36 gr gula. Ada pula yang 41 gr, bahkan 46 gr. Bila Anda meng-googling berapa sebenarnya takaran gula sebanyak 1 sendok teh, jawabannya adalah 4 gr. Artinya, dalam sekaleng minuman itu dituangkan 6 - 11 sendok teh gula!

Karena tingginya kadar gula, mengonsumsi minuman bersoda juga diyakini menyebabkan kerusakan gigi. Asam dalam soda juga terbukti mengikis enamel gigi, sehingga menyebabkan gigi berlubang. Bahkan, pengikisan ini bisa mulai terjadi 20 menit setelah Anda meminumnya.

Keburukan lain minuman bersoda adalah bahwa minuman ini bisa melemahkan tulang. Beberapa penelitian yang dilakukan terhadap binatang menunjukkan bahwa kadar fosfor pada soda bisa melarutkan kalsium dari tulang. Sementara penelitian serupa terhadap manusia menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman bersoda bisa menyebabkan kecenderungan tulang mudah patah.

Kini, peneliti dari Boston University mengungkapkan fakta lain: minum sekaleng soda setiap hari bisa meningkatkan risiko gout (encok), kondisi peradangan yang disebabkan oleh meningkatnya kadar asam urat dalam darah, yang tersimpan dalam sendi. Penelitian yang sudah berlangsung selama 22 tahun ini mendapati bahwa risikonya meningkat bahkan jika orang yang hanya meminum satu minuman bersoda setiap hari.

Banyak orang yang berusaha mengantisipasi masalah ini dengan memilih diet soda. Padahal, diet soda sebenarnya juga tidak lebih baik. Minuman bersoda yang menggunakan pemanis buatan juga bisa menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas. Sebab, pemanis buatan itu bisa memicu tubuh untuk merasa lebih lapar.

Tentu saja, sebenarnya Anda tidak dilarang untuk minum minuman bersoda. Hanya saja, ingatlah untuk tidak menjadikannya minuman harian. Batasi konsumsinya, dan imbangi dengan minuman lain yang lebih sehat, seperti air putih atau teh hijau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com