Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaria Masih Mengancam Pengungsi Wasior

Kompas.com - 22/11/2010, 18:05 WIB

MANOKWARI,KOMPAS.com - Ribuan pengungsi bencana banjir bandang di Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat 4 Oktober lalu, kian rentan terserang malaria. Penyebabnya, melemahnya ketahanan tubuh para pengungsi ditambah buruknya kebersihan lingkungan di sekitar lokasi pengungsian.

Di lokasi pengungsian di area Pusat Diklat Kehutanan di kawasan Fasharkan, Manokwari, Senin (22/11/2010), tercatat sudah ada sedikitnya 82 pengungsi terserang malaria sejak hari pertama mereka mengungsi di sana 10 Oktober lalu. Ada sebanyak 1.148 korban banjir yang mengungsi di lokasi ini.

Sementara di lokasi pengungsian di lapangan Kodim, Manokwari yang jumlah total pengungsinya sebanyak 758 orang, ada sedikitnya 60 pengungsi yang terserang malaria sejak 12 Oktober lalu.

Koordinator Pos Kesehatan di Pusat Diklat Kehutanan dr Laura Agustina dan petugas Pos Kesehatan di lapangan Kodim, Manokwari Hendrik Marisan yang ditemui terpisah, Senin, berharap dilakukan pengasapan (fogging ) lagi di sekitar area pengungsian.

"Pengasapan terakhir dilakukan Oktober lalu sedangkan bulan November ini belum pernah dilakukan," tambah Laura.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com