Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan "Overweight" Merasa Beratnya Normal Saja

Kompas.com - 23/11/2010, 14:39 WIB

KOMPAS.com - Ketika berat badan mulai memasuki angka "rawan", banyak perempuan yang mati-matian berusaha menurunkannya. Namun ketika kepalang tanggung sudah tergolong overweight, perempuan cenderung menutup mata. Hal ini terlihat dari sebuah studi, yang menunjukkan bahwa satu dari empat perempuan gemuk merasa tak punya masalah dengan berat badannya.

Para ibu muda khususnya, berisiko mengalami obesitas, namun tidak menyadari bahwa berat badan mereka ketika hamil masih belum turun, demikian menurut para peneliti dari University of Texas, Amerika. Sedangkan para pakar kesehatan Inggris mengatakan bahwa populasi yang semakin besar dan semakin gemuk ini dinilai orang sebagai sesuatu yang normal saja.

Dari 2.000 lebih perempuan usia 18 - 25 tahun yang disurvei mengenai berat badan dan persepsi mereka mengenai ukuran tubuh, setengahnya dianggap overweight atau obesitas, berdasarkan indeks massa tubuh mereka. Sekitar 25 persen dari perempuan overweight ini salah menanggapi berat tubuh mereka, dengan mengatakan bahwa berat badan mereka normal saja, bahkan underweight! Dengan sendirinya, dibanding perempuan dengan berat normal lain, mereka cenderung kurang menerapkan gaya hidup sehat.

"Sejak angka obesitas meningkat, banyak perempuan yang mengira bahwa overweight itu normal saja," kata Dr Mahbubur Rahman, salah satu peneliti.

Kebalikan dari fakta tersebut, studi yang diterbitkan di jurnal Obstetrics and Gynaecology ini juga mendapati bahwa satu dari enam perempuan dengan berat normal justru keliru menanggapi bentuk badan mereka dan merasa gemuk.

Mengabaikan kondisi tubuh yang sebenarnya overweight ini sebenarnya berbahaya. Sebab, hal ini mendorong mereka untuk tidak menghiraukan masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh obesitas, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. The National Audit Office, misalnya, memperkirakan bahwa obestias telah menyebabkan setidaknya 30.000 kematian setiap tahunnya di Inggris. Masih mau cuek dengan bobot badan yang berlebih?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com