Obat Kumur dan Pengusir Bau Mulut Buatan Sendiri

Kompas.com - 25/11/2010, 12:37 WIB
EditorNadia Felicia

KOMPAS.com — Merawat area mulut memang perlu perhatian ekstra. Dari sanalah kita memasukkan makanan dan asupan, serta berkomunikasi dengan orang lain. Merawat area tersebut tak perlu mahal-mahal. Anda bisa merawatnya dengan ramuan sendiri, seperti saran berikut:

Obat kumur daun sirih
Sirih sejak lama digunakan untuk menguatkan gigi. Selain itu, daun sirih juga digunakan untuk memelihara kesehatan mulut. Selama ini kita melihat banyak obat kumur dengan kandungan daun sirih dijual di pasar. Sebenarnya Anda bisa membuatnya sendiri. Caranya: cuci bersih beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 1,5 gelas air. Setelah dingin, gunakan air rebusan untuk berkumur setelah gosok gigi. (Tips dari Ira Dyah Respati, Semarang)

Cengkih pengusir bau mulut
Peradangan di mulut, terutama di selaput lendir dan tenggorokan, dapat memicu bau mulut. Salah satu bahan yang dapat membantu mengurangi peradangan mulut adalah minyak cengkih. Untuk mendapatkan khasiat sebagai penangkal bau mulut, gunakan minyak cengkih sebagai obat kumur. Caranya: seduh minyak cengkih dengan air secukupnya selama lima menit, lalu dinginkan. Gunakan air ini untuk berkumur. Lakukan sekali sehari secara rutin. Bau tak sedap akan jauh dari mulut. (Tips dari Rangga Putra, Setiabudi)

(Majalah Sekar)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.