Pilhan KB untuk Tunda Momongan

Kompas.com - 29/11/2010, 09:42 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 Siang Dokter, saya selalu mengikuti rubrik konsultasi di Kompas.com ini. Sudah lama saya ingin menanyakan kepada Dokter mengenai metode kontrasepsi yang paling tepat untuk menunda kehamilan. Dua bulan lagi kami akan menikah, tetapi kami belum ada rencana untuk memiliki momongan karena calon suami mendapat beasiswa S-2 ke luar negeri. Metode kontrasepsi apa yang paling tepat untuk kami dan tidak mengganggu kesuburan. Karena setelah 2 tahun kami berniat untuk segera memiliki anak. Terima kasih atas bantuan Dokter.
Riani (28), Jakarta

JAWAB:
Kalau ibu tidak ikut dengan suami, berarti, kan, tidak perlu kontrasepsi. Akan tetapi, kalau memang bergabung setelah menikah nanti, semua kontrasepsi ada risikonya. Kalau ibu orang yang disiplin, pil merupakan pilihan yang baik. Namun,  kalau sering lupa sebaiknya pakai spiral. Jika ibu disiplin dan haidnya teratur boleh dipertimbangkan dengan metode mengatur masa subur. Ini risikonya yang paling rendah. Terima kasih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.