Kegemukan, Penis Anak Jadi Kecil?

Kompas.com - 03/12/2010, 12:45 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
Dokter, anak saya berumur 8 tahun, BB 48, tinggi 115 cm. Saya perhatikan ia memiliki ukuran penis yang kecil, terutama ketika ia ereksi. Namun ketika ia tidur, saya lihat ukurannya terlihat normal. Adakah obat atau terapi yang bisa membuat ukuran penisnya normal? Mohon penjelasannya. Terima kasih. 

Zaqi Ridwan (37), Jakarta

JAWAB:
Bapak Zaqi yang baik, tampaknya si kecil mengalami obesitas berdasarkan berat badan idealnya dengan tinggi badan saat ini. Seringkali anak-anak dengan obesitas mengalami apa yang disebut sebagai "Buried penis", atau penis tampak kecil karena terbenam oleh jaringan lemak di sekitar penis.

Untuk mengetahui apakah ukuran penisnya normal atau lebih kecil dari ukuran normalnya, maka panjang penisnya harus diukur dengan alat khusus seperti penggaris. Berdasarkan usia maka dapat ditentukan ukuran/panjang penis dengan melihat normogram/standar ukuran panjang penis anak.

Bila dibawah rentang panjang penis yang normal untuk seusianya, maka kemungkinan dapat diberikan suntikan hormon untuk menambah ukuran panjangnya. Sebaiknya Bapak segera konsultasi dengan dokter spesialis anak subspesialis endokrinologi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.