Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegemukan, Penis Anak Jadi Kecil?

Kompas.com - 03/12/2010, 12:45 WIB

TANYA:
Dokter, anak saya berumur 8 tahun, BB 48, tinggi 115 cm. Saya perhatikan ia memiliki ukuran penis yang kecil, terutama ketika ia ereksi. Namun ketika ia tidur, saya lihat ukurannya terlihat normal. Adakah obat atau terapi yang bisa membuat ukuran penisnya normal? Mohon penjelasannya. Terima kasih. 

Zaqi Ridwan (37), Jakarta

JAWAB:
Bapak Zaqi yang baik, tampaknya si kecil mengalami obesitas berdasarkan berat badan idealnya dengan tinggi badan saat ini. Seringkali anak-anak dengan obesitas mengalami apa yang disebut sebagai "Buried penis", atau penis tampak kecil karena terbenam oleh jaringan lemak di sekitar penis.

Untuk mengetahui apakah ukuran penisnya normal atau lebih kecil dari ukuran normalnya, maka panjang penisnya harus diukur dengan alat khusus seperti penggaris. Berdasarkan usia maka dapat ditentukan ukuran/panjang penis dengan melihat normogram/standar ukuran panjang penis anak.

Bila dibawah rentang panjang penis yang normal untuk seusianya, maka kemungkinan dapat diberikan suntikan hormon untuk menambah ukuran panjangnya. Sebaiknya Bapak segera konsultasi dengan dokter spesialis anak subspesialis endokrinologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com