Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cabut Gigi di Jakarta Paling Murah

Kompas.com - 04/12/2010, 13:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat keberhasilan layanan kesehatan di DKI Jakarta mencapai 60-70 persen, berdasarkan survei layanan kesehatan oleh Litbang Kompas terhadap 500 responden pada bulan April dan lembaga kemasyarakatan Fakta terhadap 800 responden pada Juni 2010. Hal tersebut diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) menjadi layanan kesehatan nomor satu yang diandalkan oleh responden. Usia harapan hidup di Jakarta pun cukup tinggi, yakni 74 tahun untuk laki-laki dan 77,6 tahun untuk perempuan. Berkaca pada kondisi tersebut, Fauzi Bowo menilai bahwa pelayanan kesehatan di Jakarta telah cukup memadai dan terjangkau bagi masyarakat Ibu Kota.

"Semua puskesmas di Jakarta ini punya klinik gigi yang istimewa, dokternya cantik-cantik. Cabut gigi di Jakarta Rp 5.000, paling murah di dunia," papar Fauzi Bowo dalam sambutannya di acara Silaturahmi dengan Pengurus RT/RW, Dewan Kota/Kabupaten, dan Tokoh Masyarakat serta Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-38 DKI Jakarta di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (4/12/2010) siang.

Untuk menambah layanan di puskesmas-puskemas tersebut, Fauzi Bowo menegaskan rencana pemerintah untuk menyediakan layanan rawat inap di setiap puskesmas mulai tahun depan. "Tahun ini separuh puskesmas di kecamatan mendapatkan ISO, separuh puskesmas kelurahan mendapatkan ISO. Tahun depan, seluruh puskesmas di Jakarta punya layanan rawat inap," jelas Fauzi Bowo.

Layanan lain yang akan disediakan adalah pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta Selatan dengan layanan rawat inap tanpa pembedaan kelas. Di samping itu juga penambahan kamar untuk kelas III pada RSUD yang telah ada di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com