Wanita Lebih Takut ke Dokter Gigi

Kompas.com - 10/12/2010, 06:28 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Persepsi bahwa dokter gigi dan segala peralatan medisnya itu menakutkan tampaknya masih sangat kuat, terutama di kalangan kaum wanita. Ketika menunggu di ruang dokter gigi, wanita mengalami kecemasan ekstrem dua kali lebih besar dibanding pria.

Diperkirakan 19 persen wanita menderita kecemasan akut saat menunggu giliran periksa gigi, sedangkan kaum pria yang mengalami perasaan serupa hanya 10 persen. Survei dilakukan terhadap lebih dari 11.300 orang dewasa.

Walaupun penelitian itu dilakukan di tiga negara, yakni Inggris, Wales dan Irlandia Utara, namun sebenarnya persepsi masyarakat di belahan negara lain terhadap dokter gigi tak jauh berbeda.  

Untuk mengikis bayangan seram masyarakat terhadap profesi dokter gigi, saat ini di kota-kota besar banyak berdiri klinik gigi yang memiliki interior ruangan lebih ramah. Bahkan, cukup banyak klinik gigi yang khusus untuk anak-anak. Diharapkan masyarakat akan lebih mengerti dan memperhatikan kesehatan giginya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.