Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Lebih Takut ke Dokter Gigi

Kompas.com - 10/12/2010, 06:28 WIB

Kompas.com - Persepsi bahwa dokter gigi dan segala peralatan medisnya itu menakutkan tampaknya masih sangat kuat, terutama di kalangan kaum wanita. Ketika menunggu di ruang dokter gigi, wanita mengalami kecemasan ekstrem dua kali lebih besar dibanding pria.

Diperkirakan 19 persen wanita menderita kecemasan akut saat menunggu giliran periksa gigi, sedangkan kaum pria yang mengalami perasaan serupa hanya 10 persen. Survei dilakukan terhadap lebih dari 11.300 orang dewasa.

Walaupun penelitian itu dilakukan di tiga negara, yakni Inggris, Wales dan Irlandia Utara, namun sebenarnya persepsi masyarakat di belahan negara lain terhadap dokter gigi tak jauh berbeda.  

Untuk mengikis bayangan seram masyarakat terhadap profesi dokter gigi, saat ini di kota-kota besar banyak berdiri klinik gigi yang memiliki interior ruangan lebih ramah. Bahkan, cukup banyak klinik gigi yang khusus untuk anak-anak. Diharapkan masyarakat akan lebih mengerti dan memperhatikan kesehatan giginya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com