Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Normalkah Kaki Membesar Sebelum Haid?

Kompas.com - 13/12/2010, 22:06 WIB

KOMPAS.com - Pernahkan Anda perhatikan bentuk kaki Anda atau bagian tubuh lain Anda yang terlihat sedikit membengkak atau berat tubuh yang meningkat beberapa saat sebelum haid? Sebagian wanita akan mengalami hal ini sebelum haid.

Menurut Orli R. Etingin, MD, dari Everydayhealth.com, hal ini adalah hal yang umum terjadi. Menurutnya, hal ini terjadi karena retensi air yang terjadi sebelum haid. Salah satu problem yang terasa adalah pembengkakan kaki beberapa hari sebelum haid.

Saran Etingin, saat ini terjadi, cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi makanan yang terasa asin (keripik, gorengan, zaitun, makanan cepat saji, dan sebagainya), disarankan pula untuk memperbanyak minum air putih seminggu sejak perkiraan Anda akan mendapatkan haid.

Saran lainnya, jika Anda tipe orang yang banyak berdiri, cobalah kenakan stoking tipis untuk menjaga sirkulasi tetapi mencegah pembengkakan.

Cara lainnya, Etingin mengatakan, saat Anda duduk, coba angkat kaki beberapa inci dari tanah. Contohnya, siapkan bangku kecil atau benda apa pun yang bisa Anda taruh di bawah meja kantor untuk menopang kaki saat Anda sedang duduk. Cara lain, yang membutuhkan saran dan konsultasi jika memang retensi air sudah sangat mengganggu adalah dengan mengkonsumsi obat diuretik dalam dosis rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com