Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memanfaatkan Sisa Cokelat Bubuk

Kompas.com - 15/12/2010, 16:27 WIB

KOMPAS.com - Mungkin Anda sudah lama ingin membuat puding cokelat atau cake cokelat, tetapi urung karena merasa sayang harus membeli cokelat bubuk dalam jumlah besar, sementara sisanya tak tahu harus digunakan untuk apa. Nah, inilah petunjuk pemakaian cokelat selain untuk dibuat cake atau puding.

1. Punya tepung hunkwe? Buat hunkwe pisang dengan tambahan cokelat bubuk. Rasanya pasti lebih enak ketimbang membuat hunkwe yang putih polos.

2. Masih dari tepung hunkwe, mari kita bikin cendol. Bagi dua adonan cendol. Sebagian tambahkan cokelat bubuk. Nah, cendol Anda jadi cokelat putih. Cantik, kan?

3. Cokelat bubuk juga bisa membuat es kacang merah Anda bertambah enak. Rebus kacang merah di dalam air gula dan sedikit cokelat bubuk. Rasanya cokelatnya bukan hanya di kuah, tetapi juga di setiap gigitan kacang merah.

4. Tambahkan cokelat bubuk pada adonan vla yang akan diisikan ke dalam crepe. Rasanya makin "naik".

5. Masukkan cokelat bubuk di dalam gelas. Tambahkan susu kental manis. Lalu seduh dengan air yang sudah dimasak bersama kayumanis. Wah, pasti tercipta minuman yang superlezat dan supersegar.

6. Mau menghidangkan minuman bernuansa moka? Campur cokelat, kopi, dan susu bubuk di dalam cangkir. Tuangkan air panas. Rasanya betul-betul moka, kan? Tak usah heran karena sebetulnya moka dibuat dari campuran cokelat dan kopi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com