Bahaya Onani pada Perempuan Lajang

Kompas.com - 17/12/2010, 09:03 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Begini Prof, sebenarnya saya malu, tapi saya juga harus tahu sebelum berlanjut lebih jauh. Apabila sesorang wanita itu melakukan onani, namun belum menikah itu apakah bahaya atau tidak? Apakah kalau dilakukannya sering akan berpengaruh dengan ovum yang dimiliki?

Apakah ovum itu akan habis lebih cepat sebelum waktunya? Ataukah tetap seperti layaknya perempuan yang biasa biasa aja. Terimakasih sebelumnya
 
Binti Ismi Umiyatun, 19, Yogyakarta


JAWAB :

Maturbasi tidak menimbulkan akibat atau bahaya apapun asal dengan cara yang benar atau sehat. Pada perempuan, rangsangan pada klitoris tidak menimbulkan akibat apapun.

Menggunakan alat bantu, asal sesuai dengan standar kedokteran, juga tidak berbahaya. Tidak ada hubungan antara masturbasi dengan ovum atau sel telur. Sel telur akan diproduksi selama perempuan dalam keadaan sehat pada masa reproduktif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.