Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Onani pada Perempuan Lajang

Kompas.com - 17/12/2010, 09:03 WIB

TANYA :

Begini Prof, sebenarnya saya malu, tapi saya juga harus tahu sebelum berlanjut lebih jauh. Apabila sesorang wanita itu melakukan onani, namun belum menikah itu apakah bahaya atau tidak? Apakah kalau dilakukannya sering akan berpengaruh dengan ovum yang dimiliki?

Apakah ovum itu akan habis lebih cepat sebelum waktunya? Ataukah tetap seperti layaknya perempuan yang biasa biasa aja. Terimakasih sebelumnya
 
Binti Ismi Umiyatun, 19, Yogyakarta


JAWAB :

Maturbasi tidak menimbulkan akibat atau bahaya apapun asal dengan cara yang benar atau sehat. Pada perempuan, rangsangan pada klitoris tidak menimbulkan akibat apapun.

Menggunakan alat bantu, asal sesuai dengan standar kedokteran, juga tidak berbahaya. Tidak ada hubungan antara masturbasi dengan ovum atau sel telur. Sel telur akan diproduksi selama perempuan dalam keadaan sehat pada masa reproduktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com