Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Pijat Tanpa Minyak ataupun Balsam

Kompas.com - 17/12/2010, 12:11 WIB

KOMPAS.com Jamak diketahui manfaat pijatan. Dari membantu menghilangkan pegal-pegal, melancarkan peredaran darah, membuat tubuh lebih luwes bergerak, dan banyak lainnya. Budaya pijatan sudah lama dikenal dan umumnya untuk memijat, digunakan mediasi antara kulit si pemijat dan yang dipijat. Mediasi tersebut bisa berupa minyak atau balsam. Namun, tak semua orang suka dengan bau balsam atau rasa licin dari minyak yang tertinggal. Mencoba memberikan kepuasan bagi pelanggannya, Martha Tilaar memperkenalkan treatment pijatan terbaru, Dry Herb Massage.

Dry Herb Massage sebenarnya terinspirasi dari cara para prajurit pada masa sekitar abad ke-14 hingga ke-18. Kala itu para prajurit menggunakan kompres herbal untuk membantu melepaskan ketegangan dan kelelahan otot. Nyatanya, kekuatan yang terkandung dalam herbal mampu membantu melepaskan lelah otot. Dari sana, Martha Tilaar mencoba mengasimilasikan teknik tersebut dalam treatment serta bahan dasar alami yang dimiliki di Indonesia.

Herbal yang digunakan oleh Martha Tilaar dimasukkan ke dalam sebuah bola kompres yang sebelumnya direndam dalam air panas untuk kemudian dijadikan media memijat dengan cara ditepuk-tepukkan dan ditekan pada tubuh orang yang akan dipijat. Kandungan bahan-bahan alami tersebut dibungkus dalam kain katun yang lembut. Bahan-bahan alami yang digunakan antara lain;
- Kunyit. Sebagai antiinflamasi untuk antiradang (pembekakan), menyamarkan noda, dan kandungan curcumin-nya dipercaya sebagai antibakteri dan antioksidan.
- Sereh (Cymbopogon nardus). Sebagai antiradang dan menghilangkan rasa sakit.
- Jeruk purut (Citrus hystrix). Sebagai antimikrobia peradangan dan antikarsinogenik (antiaging dan pelawan kanker). Kandungan saponin-nya berfungsi sebagai antimikrobia peradangan dan antikarsinogenik, tanin berguna sebagai antikanker, antioksidan, dan antimikroba.
- Minyak asiri sebagai antibakteri dan penangkal racun.
- Kamfer. Punya fungsi antibakteri, antigatal, menghilangkan pegal, dan menenangkan kulit
- Daun pandan (Pandanus ammarylifolius). Baik untuk mengurangi rematik, pegal linu, juga mengandung saponin, tanin, flavonoid, dan polifenol.

Prosedur perawatan Dry Herb Massage (120 menit):
1. Foot ritual. Pijatan yang berfokus pada bagian telapak kaki, betis, dan paha dengan tekanan di titik-titik tertentu.
2.Dry massage bagian belakang. Pijatan bagian belakang tubuh menggunakan bubuk bedak mulai dari kaki hingga pundak.
3.Herbal massage bagian belakang. Menggunakan bola kompres herbal yang lebih dulu direndam dalam air panas, pijatan dimulai dari kaki. Sensasi yang dirasakan antara hangat dan sedikit basah karena baru direndam dalam air panas. Tepukan dan panas dari bola kompres tersebut bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan.
4.Dry massage bagian belakang.
5.Herbal massage bagian depan. Bagian depan tubuh hanya ditekan-tekan di bagian kaki, bagian atas tubuh hanya dioleskan.  
6.Tidak disarankan bilas atau mandi, hanya dibersihkan dengan handuk hangat agar herbal yang digunakan dapat meresap ke dalam kulit untuk membantu keefektivitasan.
7. Minum jahe hangat.

"Kami menggunakan bubuk bedak yang partikelnya sangat kecil. Sebenarnya ini bedak bayi yang kandungan minyak di dalamnya cukup banyak, bahkan bisa juga digunakan untuk bayi. Bubuk bedak ini dikembangkan sendiri oleh pabrik kami," tutur Sari, Operational Officer Martha Tilaar Salon & Day Spa yang menemani Kompas Female untuk mencoba perawatan ini di Gedung Graha Indorama, Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. Menurutnya, bedak bisa menjadi pilihan bagi mereka yang kurang suka dengan sisa minyak yang bisa menyebabkan kulit terasa lengket atau licin setelah dipijat. Plus, karena bedak, tak perlu dibasuh atau mandi, cukup dibiarkan saja, aromanya pun cukup menyenangkan.

Perlu diketahui, sebelum digunakan, kompres bola akan direndam dalam air panas. Jika kurang lama didinginkan, kompres bola itu bisa jadi terlalu panas saat kena kulit, jangan lupa minta terapis untuk mencoba pada area yang tak terlalu sensitif pada tubuh Anda. Kandungan air tersebut juga bisa tertinggal pada kulit Anda. Jika terlalu lama tertinggal pada kulit, lama-kelamaan Anda bisa kedinginan jika air dibiarkan begitu saja pada tubuh karena terpaan pendingin ruangan. Sebelum pijat dimulai, minta terapis Anda untuk membuat suhu udara dalam keadaan hangat. Air yang mendingin pada kulit tubuh akibat pendingin udara bersuhu rendah bisa membuat Anda menggigil. Harga Dry Herb Massage di Martha Tilaar Salon & Day Spa sekitar Rp 350.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com