Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supaya Waktu Nge-Gym Lebih Optimal

Kompas.com - 17/12/2010, 14:58 WIB

KOMPAS.com - Anda mendaftarkan diri ke pusat kebugaran tentu dengan harapan bisa mendapatkan bentuk dan ukuran tubuh yang diincar, sambil mempertahankan kesehatan. Membayar keanggotaan di pusat kebugaran tidak murah, karena itu, gunakan waktu Anda di sana semaksimal mungkin, dan jangan lakukan hal-hal yang justru bikin rugi saat nge-gym di bawah ini.

Pemanasan Berlebihan
Tentu, pemanasan dibutuhkan sebelum kita mulai olahraga. Tapi, jika terlalu lama melakukan pemanasan, hal itu bisa memakan waktu berharga Anda untuk membakar kalori. "Cara terbaik untuk melakukan pemanasan adalah dengan melakukan tipe olahraga utama yang akan Anda lakukan tetapi dengan level yang rendah," jelas Michael Olajide Jr., ahli kebugaran dan pendiri Aerospace High Performance, di New York. Dengan kata lain, lakukan gerakan yang mirip, tapi tanpa intensitas yang serius. Contoh, jika Anda akan melakukan jogging di atas treadmill, coba jalan perlahan selama 2 menit dulu. Atau, jika Anda mau bersepeda dengan kecepatan penuh, lakukan kayuhan sepeda perlahan selama beberapa menit. Di akhiran waktu olahraga, turunkan kecepatan Anda selama 3-5 menit sebelum benar-benar berhenti, lalu lakukan peregangan.

Membaca Sambil Melakukan Kardio
Membagi pikiran Anda saat berolahraga sama dengan memperlambat aktivitas fisik Anda, jelas Alan Russell, durektur Health Sciences Institute di National Academy of Sports Medicine. Namun, mendengarkan musik tak masalah untuk dilakukan karena bisa meningkatkan output energi.

Berdiri Diam di Antara Pergantian Alat
Terlalu banyak beristirahat juga bisa mengurangi keefektivitasan dan intensitas olahraga, karena Anda memberikan kesempatan otot untuk beristirahat. Jika memang alat yang mau Anda gunakan sedang dipakai oleh orang lain, Anda bisa menunggu sambil berlatih lompat tali. Atau lakukan olahraga lain yang setipe. Misal, Anda mau menggunakan treadmill atau alat step, Anda bisa lakukan gerakan squat atau angkat kaki.

Menggunakan Berat Beban yang Terendah
Melakukan pengulangan akan berat beban yang ringan mungkin terlihat seperti olahraga. Tetapi, menurut para ahli kebugaran, hal ini hanya buang-buang waktu. Tiga set angkat beban berat sebanyak 10-12 kali lebih baik ketimbang 3 set angkat beban sebanyak 20 kali. Pilihlah berat yang cukup menantang, hingga ketika mencapai hitungan yang nyaris terakhir, Anda hampir kewalahan tapi masih bisa dilakukan. Tak hanya membakar kalori lebih banyak, tetapi juga menurunkan indeks massa tubuh, yang artinya mendorong metabolisme tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com