Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Menopause Dini

Kompas.com - 18/12/2010, 07:35 WIB

TANYA:

Dok, saya berumur 42 tahun dan sudah punya dua anak. Apakah di usia ini saya bisa menopause dini? Sekarang ini saya sering mengalami perasaan gelisah dan uring-uringan, rasa panas di bagian pundak, haid tidak teratur serta badan terasa pegal.

Apakah gejala itu merupakan tanda menopause dini? Apa ada obat untuk mencegahnya? Bisakah wanita di usia menopause hamil dan apa efek sampingnya untuk janin? Apakah janinnya bisa cacat? Mohon penjelasan dokter. Nita, Oakland, USA

JAWAB: Ibu Nita, terima kasih emailnya. Kemungkinan menopause dini di usia ibu bisa saja terjadi. Rata-rata perempuan mengalami menopause di usia 48-50 tahun. Untuk memastikannya bisa dilakukan pemeriksaan hormon. Setelah ada diagnosis, ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan di masa menopause. Yang pertama adalah tanpa obat. Usahakan makan yang bergizi, cukup olahraga dan  cukup terkena sinar matahari. Mungkin agak sulit di Amerika, tapi usahakan sebisa mungkin.

Cara kedua adalah mengonsumsi obat herbal yang memiliki efek seperti obat hormonal yang diminum setiap hari. Ketiga, dengan terapi sulih hormon. Konsultasikan dengan dokter kandungan. Biasanya dengan terapi hormon ini keluhan di masa menopause akan menghilang.

Kehamilan di usia 42 tahun termasuk dalam kehamilan beresiko tinggi. Pencegahan cacat pada janin bisa dilakukan dengan deteksi dini kelainan bawaan. Saat ini dengan teknologi Villi Chorionic Sampling, amniositesis dan USG, sebagaian besar kelainan dapat diketahui. Bila memang ada kelainan yang bersifat fatal atau mayor maka dianjurkan untuk terminasi kehamilannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com