Kemampuan Visual Anak Autistik Rendah

Kompas.com - 21/12/2010, 08:27 WIB
EditorAsep Candra

Kompas.com - Anak-anak autistik memiliki kemampuan visual yang lebih rendah sehingga mereka kesulitan menemukan benda-benda, seperti mencari sepatu di kamarnya atau apel di rak supermarket. Kemampuan visual yang rendah ini bisa menggangu mereka untuk hidup normal.

"Hasil studi terbaru ini menemukan anak autis tidak mampu mencari suatu objek dalam situasi kehidupan nyata dengan efektif. Padahal, kemampuan ini penting agar mereka hidup mandiri," kata tim peneliti dari Universitas Bristol Inggris dalam keterangannya.

Para peneliti melakukan penelitian terhadap 40 anak, separuhnya anak autis, untuk mencari benda target dalam ruangan tes yang digambarkan mirip dengan kehidupan sehari-hari. Sebelumnya anak-anak ini diminta melakukan tes menggunakan komputer atau tes langsung di atas meja.

Berbeda dengan teori yang menyebutkan bahwa anak autis lebih sensitif pada aturan atau sistem, seperti angka, program komputer atau jadwal kereta, ternyata sifat itu tidak muncul dalam penelitian ini. "Mereka justru tidak efisien dan berantakan dalam melakukan pencarian," tulis peneliti.

Padahal dalam penelitian ini benda target diletakkan di satu sisi dalam ruangan sehingga anak-anak itu bisa lebih cepat mencari karena sistem peletakan barangnya terpola.

"Hasil riset ini penting untuk pemahaman kita tentang masalah yang dimiliki para penyandang autisme dalam kesehariannya. Problem yang mereka miliki tidak hanya terbatas pada hidup dan bergaul di dunia sosial. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa mereka mungkin memiliki masalah dengan proses fundamental yang kita semua mengalaminya sepanjang waktu," ungkap  Iain Gilchrist, peneliti dari Universitas  Bristol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.