Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Malaria di Musim Hujan

Kompas.com - 22/12/2010, 20:15 WIB

LEBAK, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Provinsi Banten, meminta warga setempat mewaspadai penyebaran penyakit malaria selama musim hujan dewasa ini.

"Kami saat ini mewaspadai merebaknya penularan penyakit malaria karena curah hujan cukup tinggi, dan kita juga minta warga untuk waspada penyebaran penyakita ini," kata Kepala Dinkes Lebak Maman Sukirman, Rabu (22/12/2010).

Malaria merupakan jenis penyakit menular yang bisa menimbulkan kematian, jika penderita tidak segera diberikan pengobatan.

Selama ini, kata dia, daerah endemis malaria berada di sekitar pesisir pantai selatan Kabupaten Lebak, sebab di daerah tersebut jika musim hujan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Anopheles yang hidup di laguna-laguna pantai.

Beberapa kecamatan yang memiliki pantai menjadi endemis malaria, yakni Kecamatan Cihara, Binuangen, Bayah, Cilograng, Malingping, dan Panggarangan.

"Saya minta warga yang tinggal di sekitar pantai diminta waspada serangan penyakit itu," katanya.

Untuk mencegah penyebaran penyakit malaria diminta masyarakat melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan kebersihan lingkungan.

"Gerakan PSN lebih efektif untuk mematikan matarantai penyebaran malaria dibandingkan dengan pengasapan atau fogging," katanya.

Selama ini, Dinas Kesehatan telah melakukan penyemprotan larvaciding guna membunuh jentik-jentik nyamuk Anopheles yang berkembangbiak di laguna-laguna yang ada di pantai.

Selain itu, juga menyebar ikan kepala timah untuk membunuh jentik nyamuk itu pada laguna sekitar pantai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com