Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cabuti Rambut Ketiak, Amankah?

Kompas.com - 26/12/2010, 23:38 WIB

TANYA :

Dok, saya mau bertanya. Apakah benar kebiasaan sering mencabuti rambut ketiak itu akan dapat menyebabkan kanker? Beberapa teman saya bilang seperti itu, padahal saya sudah lama melakukannya. Apakah hal tersebut benar, dok? Kalau memang benar, apa yang harus saya lakukan? Terimakasih

JAWAB : 

Saya rasa itu tidak benar. Yang benar, ketika dilakuan pencabutan, bisa terjadi reaksi peradangan pada daerah pencabutan akibat trauma cabutan.  Reaksi dari peradangan tersebut bisa membentuk sebuah benjolan, berwarna kemerahan, timbul rasa nyeri dan bahkan benjolan bisa saja menetap meskipun tanpa rasa nyeri.

Kadangkala benjolan bisa saja besar. Jika sampai terjadi infeksi maka bisa terbentuk benjolan yang disebut dengan abses, di mana di dalam benjolan terisi nanah dan ini bisa saja memerlukan pengobatan dengan antibiotika, anti peradangan dan anti nyeri. Atau, bahkan bisa dilakukan pembedahan kecil berupa pengeluaran nanah (pus).

Seharusnya, jika pencabutan itu dilakukan secara bersih (steril) akan bersifat aman dan tidak memberikan reaksi peradangan dan infeksi. Semoga jawaban saya dapat memuaskan anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com